Kodim Usulkan Rp 5 M

Kodim Usulkan Rp 5 M

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Kodim 0407/Bengkulu melalui kegiatan tentara manunggal masuk desa (TMMD) berencana membuka akses jalan menuju kawasan Bukit Kandis. Sebab itulah, TMMD membutuhkan dana mencapai Rp 5 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng.

\"Pada tahun 2017 ini, TNI AD melalui Kodim 0407/Bengkulu berkerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Benteng akan kembali menyelenggarakan kegiatan TMMD ke-100. Salah satunya adalah pembangunan fisik yang meliputi pembukaan badan jalan menuju kawasan Bukit Kandis. Kebutuhan anggaran masih kita komunikasikan ke Pemda Benteng,\" ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0407/Bengkulu, Letkol Arh Oesmar Silalahi. Dijalaskan Dandim, dalam kegiatan TMMD tahun 2017 ini, berbagai kegiatan akan dilakukan. Baik kegiatan fisik ataupun non fisik yang direncakan akan mulai pada bulan Oktober 2017 mendatang.

\"Banyak sasaran fisik dan non fisik yang akan kita bangun. Seperti kegiatan sosialisasi tentang bela negara dan penyuluhan sistem pengamanan keliling (Siskamling). Selain itu, kita juga akan membangun jembatan karena akses jalan menuju Bukit Kandis juga melewati aliran sungai,\" imbuhnya. Lebih lanjut Osmar menjelaskan, rencana pembangunan jalan menuju kawasan Bukit Kandis ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat rentang kendali masyarakat menuju kawasan perkantoran Pemkab Benteng. Dengan adanya akses jalan tersebut, jarak tempuh yang diperlukan masyarakat yang tinggal di sejumlah desa terpencil akan lebih singkat dan menjadi lebih mudah.

\"Akses jalan menuju renah kandis merupakan lanjutan jalan dari Denzipur dari Desa Karang Tengah menuju ke pusat perkantoran. Ke depan, akses jalan dari sejumlah desa di Kecamatan Merigi Kelindang, Taba Penanjung dan Kecamatan pagar Jati akan lebih cepat jika hendak menuju perkantoran,\" tandasnya. Terpisah, Kepala Badan Penelitian, dan Perencanaan Pembangunan Daerah (Balitbang) Kabupaten Benteng, Nurul Iwan Setiawan MSi mengatakan bahwa Pemda Benteng siap untuk memberikan dukungan dari sisi anggaran.

\"Yang jelas Pemda Benteng akan memberikan dukungan. Kebutuhan anggaran akan kita usulkan dalam APBD-Perubahan tahun 2017. Jika memang belum terakomodir sepenuhnya, pembangunan akan kita lakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan daerah,\" pungkas Iwan.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: