90 Persen Angkot Tak Layak Jalan

90 Persen Angkot Tak Layak Jalan

\"Angkot\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Sebagian besar armada angkutan kota (Angkot) yang beroperasi di Kota Bengkulu tidak layak angkut penumpang.

\"Berdasarkan data yang telah kita lakukan bersama Organda, sekitar 90 persen kendaraan angkot ini tidak layak jalan lagi dan sudah mati pajak,\" kata Kepala Managemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota, Mardi Kusuma SSos, kemarin (22/6).

Disamping itu, hampir seluruh angkot ini tidak pernah lagi melakukan pengujian KIR. Padahal ketentuannya uji KIR dilakukan 2 kali dalam setahun. Hanya saja, sopir atau pemilik angkot justru menghindar karena takut kendaraannya terdekteksi oleh Dishub telah melewati batas operasi hingga 15 tahun.

Menurut Mardi, jika uji KIR ini tidak rutin dilakukan, maka dikhawatirkan akan terjadi masalah dalam mengangkut penumpang. Karena berdasarkan standar operasionalnya, pengujian KIR tersebut akan memeriksa dari kestabilan mesin, roda, rem, kopling, dan ketahanan fisik angkot tersebut.

\"Permasalahan lainnya, KIR angkutan-angkutan ini juga dalam kondisi habis masa berlaku. Padahal pengujian itu wajib dilakukan untuk mengecek kondisi dan menentukan layak tidak layaknya operasi,\" terangnya.

Dengan kondisi ini, pihaknya mengaku kewalahan, dan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menggelar razia setelah libur lebaran mendatang. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: