Disnakkeswan Kaji Kelayakan Investasi Ternak Sapi

Disnakkeswan Kaji Kelayakan Investasi Ternak Sapi

\"Sapi\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Rencana investasi ternak sapi dari investor asal Spanyol yang akan masuk ke Provinsi Bengkulu membuat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Bengkulu melakukan studi kelayakan. Baik dari segi sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) untuk lebih mematangkan dan menyukseskan rencana investasi tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, drh Majestika MS mengatakan, pihaknya akan menayambut baik rencana investasi tersebut dengan mempersiapkan berbagai hal pendukung.

\"Kami tengah melakukan studi kelayakan, baik dari segi SDM dan melengkapi sarana dan prasarana untuk mewujudkan rencana tersebut,\" ujar Majestika, kemarin (6/6).

Dijelaskannya, rencana tersebut dinilai sangat relevan dengan Provinsi Bengkulu yang sangat berpotensi untuk pengembangan ternak sapi.

\"Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong cocok untuk peternakan sapi perah dan Kabupaten Bengkulu Utara, Seluma serta Kaur untuk sapi potong atau pedaging,\" ungkap Majestika.

Menurut Majestika, studi kelayakan yang dilakukan cukup mendalam, diantaranya terkait pemenuhan SDM yang harus memiliki keterlibatan masyarakat sekitar di dalamnya.

\"Pada dasarnya investasi ini diharapkan dapat lebih mensejahterakan masyarakat, jadi harus dilakukan studi mendalam terkait keterlibatan masayarakat di dalam investasi tersebut,\" tuturnya. Diakuinya, pertemuan Gubernur Bengkulu dengan pihak investor bulan lalu diharapkan dapat membuahkan hasil. Bila investasi ini berjalan, Bengkulu memiliki peran penting menyumbang 10 persen daging nasional disamping pemenuhan kebutuhan daging lokal.

\"Jadi, hal ini sangat berdampak positif bagi ekonomi Bengkulu, dimana akan mememiliki peran penting sebagai provinsi penghasil daging,\" terangnya.

Dijelaskannya, pihaknya tengah berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana serta kebutuhan SDM agar bisa berjalan dengan maksimal, sementara pihak investor menyiapkan ternak dan pemasarannya.

\"Jadi, fokus kami adalah peningkatan sarana dan prasarana serta SDM yang mumpuni dan berkualitas,\" jelas Majestika.

Lebih lanjut diungkapkannya, investor asal Spanyol yakni PT Indogal Group berencana untuk melakukan  ujicoba kawin silang antara sapi unggul asal Spanyol yakni sapi Galician Blond dengan sapi lokal Bengkulu.

Pihaknya berharap investasi tersebut dapat segera terwujud karena akan berdampak positif bagi masyarakat Bengkulu.

\"Besar harapan kami agar investasi tersebut segera terwujud dan mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi Bengkulu,\" tukasnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: