Tiga Siswa DO

Tiga Siswa DO

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Pelaksanaan ujian nasional kertas pensil (UNKP) tingkat sekolah dasar (SD) dan madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berlangsung sukses tanpa hambatan.

Hanya saja, hingga hari terakhir, yakni pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Rabu (17/5) kemarin, sebanyak 3 (tiga) orang siswa diketahui tidak lagi mengikuti ujian karena sudah drop out (DO). Diantaranya, 2 (dua) siswa SD Negeri 1 Pondok Kelapa dan 1 siswa SD Negeri 1 Merigi Kelindang.

\"Secara keseluruhan, ada sebanyak 3 orang siswa yang tidak mengikuti ujian (DO),\" tegas Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Saidirman SE MSi. Lebih lanjut dijelaskan Saidirman, pada UNKP tingkat SD dan MI tahun ini, pihaknya mencatat sebanyak 2.202 siswa sebagai peserta, yakni sebanyak 1.126 laki-laki dan 1.076 perempuan.

\"Dengan demikian, dipastikan bahwa tiga pelajar itu tidak akan lulus,\" tandasnya.

Memastikan pelaksanaan ujian berlangsung tanpa adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oleh masing-masing sekolah, Saidirman mengaku bahwa pihaknya telah menyusun sistem pengawasan silang. Dimana, guru yang bertugas sebagai pengawas bukanlah berasal dari guru pelaksanaan UNKP di sekolah tersebut, melainkan guru yang memang berasal dari sekolah lain.

\"Kita akan menggunakan pengawasan silang. Surat keputusan (SK) nyapun sudah kita serahkan kepada masing-masing pengawas serta seluruh Kepsek,\" pungkasnya. Lebih lanjut Saidirman mengatakan, setelah menerima seluruh lembar jawaban komputer (LJK) dari masing-masing SD/MI se-Kabupaten Benteng, pihaknya akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan scaning melalui sistem komputer.

\"Sesuai dengan rencana, hasil pengumuman UNKP SD/MI akan disampaikan pada bulan Juni. Sebelumnya, kita akan mengumumkan UNKP tingkat SMP/Mts yang akan dilakukan pada awal Juni,\" pungkas Saidirman.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: