11 April, Pendaftaran SBMPTN Dibuka Via CBT dan PBT

11 April, Pendaftaran SBMPTN Dibuka Via CBT dan PBT

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pendaftaran peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dibuka pada 11 April 2017. Dalam pendaftaran tersebut ada dua sistim yang diterapkan, yakni sistem Computer Based Test (CBT) dan Paper Best Tes (PBT).

Panitia Lokal SBMPTN Bengkulu sekaligus Pejabat Pemberi Informasi Daerah (PPID) Universitas Bengkulu (UNIB) Alimansyah SE kepada Bengkulu Ekspress Senin (28/3/2017) menuturkan, \'\'Pendaftaran SBMPTN dengan dua sistim tersebut salah satu pembaharuan dari proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sistim ini sudah kali kedua diterapkan.\'\'

\'\'Pendaftaran SBMPTN ditutup pada 5 Mei 2017,\'\' katanya.

Calon peserta SBMPTN dikenakan biaya daftar Rp 200 ribu per orang. Pembayarannya melalui bank yang ditunjuk pantia SBMPTN. Dengan dana tersebut, pendaftar mendapatkan PIN daftar. Karena menggunakan dua sistem, peserta diperbolehkan memilih tes yang diinginkan, mau menggunakan PBT atau CBT.

\"Jika kuota CBT full, maka langsung tertutup otomatis,\" cetusnya.

Kuota penggunaan CBT khusus UNIB dibatasi, disesuaikan dengan infrastruktur atau sarana dan prasarana yang dimiliki. Penggunaan sistem ini mengefisiensi penggunaan infrastruktur kampus, sekaligus penghematan, lebih aman dari kecurangan.

Seperti diketahui, pelaksanaan ujian tertulis PBT dan CBT dilaksanakan bersamaan pada tanggal 16 Mei 2017. Keesokan harinya 17 dan 18 Mei dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian keterampilan. Pengumuman hasil SBMPTN dilakukan pada 13 Juni 2017. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: