Calo CPNS Dokter & Bidan PTT Beraksi

Calo CPNS Dokter  & Bidan PTT Beraksi

\"\"

BINTUHAN, BE - Menjelang pengumuman kelulusan para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dokter dan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang bertugas di Kabupaten Kaur, mulai dimanfaatkan para calo CPNS untuk mendapatkan keuntungan dari para korbannya. Bahkan mereka telah bergentanyangan untuk mencari calon korbannya.

“Iya, saudara saya di telepon, waktu itu si penelepon bilang dia dari BKN. Dia bilang, harus kirim sejumlah uang jika ingin lolos jadi CPNS. Jika tidak, maka nama saya akan dicoret,” ujar Apriansyah (29), yang mengaku memiliki saudara yang ikut sebagai peserta CPNS bidan PTT, kemarin (17/3).

Dikatakannya, modusnya pelaku ini dengan mengaku sebagai pejabat BKD dan BKN pusat, para penipu menghubungi peserta tes CPNS melalui telepon seolah memiliki akses untuk bisa meloloskan korbannya pada saat pengumuman kelulusan CPNS yang rencananya akan diumumkan di atas tanggal 20 Maret 2017 ini. Tentu saja, para penipu meminta sejumlah uang dari korbanya dengan cara di transfer ke rekening tertentu. Tarifnya bisa sampai Rp 150 juta bahkan lebih, bahkan bisa dicicil hingga beberapa kali hingga pengumuman kelulusan. Kejadian itu, diungkap Apri tidak hanya menimpa saudaranya. Akan tetapi juga banyak peserta tes CPNS lainnya yang saat ini sedang harap-harap cemas menjelang pengumuman kelulusan dokter dan bidan PTT.

“Kami heran juga, kenapa nomor telepon para peserta bidan dan dokter PTT ini bisa diketahui, bisa tau lagi kalau dia peserta tes CPNS bidan PTT. Dan semenjak banyak calo ini saudara saya selalu cemas,” ujarnya.

Menyikapi maraknya aksi para penipu jelang pengumuman hasil CPNS Dokter dan Bidan PTT ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Kaur, Drs Yusirwan MM saat dikonfirmasi dengan tegas membantah jika ada pihak BKD yang bisa meloloskan peserta tes CPNS pada hasil pengumuman. Juga itu merupakan pelaku calo CPNS yang mencari keuntungan jelang pengumnan Dokter dan Bidan PTT.

“Itu tidak benar dan sudah pasti yang menghubungi peserta penipu. Kami sudah cukup banyak laporan dari para peserta CPNS yang mengaku dihubungi pihak BKD dan BKN pusat. Juga kita minta kepada Dokter dan Bidan PTT agar tidak percaya kepada calo dan penguman Dokter dan Bidan PTT ini murni,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui jumlah Dokter Bidan PTT di Kabupaten Kaur mencapai 105 orang ini hasil tes CPNS tahun 2016 lalu akan diumumkan Pemkab Kaur akhir Maret 2017 ini. Namun dari jumlah itu hanya akan diambil 99 orang dan sesuai kuota dari Kemenpan.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: