CJH Harus Disiplin Manasik

CJH Harus Disiplin Manasik

 \"\"

BINTUHAN,BE- Sebanyak 108 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Kaur mulai menjalani mengikuti kegiatan manasik haji tahap pertama yang digelar oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kaur bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kaur, di Masjid Al-Kahfi Bintuhan, Rabu (1/3). Asisten I Bahrun Budiman SH MH saat membuka bimbingan manasik haji, ia meminta semua calon haji musim haji 2017 mengikuti kegiatan itu dengan disiplin.

“Kegiatan manasik haji sangat perlu dan wajib di ikuti oleh CJH. Menunaikan ibadah haji ke tanah suci, jangan ada rasa takut dan bimbang nantinya,” kata Bahrun dihadapan CHJ Kaur, kemarin (1/3).

Dikatakannya, setelah melaksanakan manasik haji, CJH akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya. Maka dari CJH yang menjadi peserta, harus mengikuti dan memahami manasik haji yang diberikan. Juga diminta para CJH agar tidak menganggap sepele kegiatan ini.

Apalagi, selama kegiatan manasik, calon haji akan diberikan berbagai pembekalan dan ilmu pengetahuan yang diberikan bermanfaat agar jamaah dapat memahami tetang bebagai rukun, sunah dan wajib haji. “Tujuan utamanya adalah menciptakan haji yang mandiri dan mabrur. Setelah melaksanaan ibadah haji, jamaah haji akan menjadi contoh, panutan dan teladan bagi masyarakat nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Kaur H. Arsan Suryani MHI mengatakan, bahwa kegiatan manasik haji untuk tingkat Kabupaten Kaur tahun 2017 ini diikuti oleh 108 calon jemaah haji yang akan berangkat pada musim haji 2017 ini. “Manasik kita yang gelar Pemda bersama Kemenang, dan untuk tahun ini kouta CJH kita normal yakni 106 dan ada penambahan 2 orang jadi total insallah yang berangkat nanti 108,” terangnya.

Ditambahkan Arsan, ia juga meminta kepada seluruh calon jemaah haji Kabupaten Kaur untuk dapat mengikuti setiap rangkaian kegiatan manasik haji, baik itu yang diadakan oleh pembimbing. Sebab manasik ini sangat penting untuk CJH sebelum berangkat ketanah suci nanti. “Manasik ini gratis tidak dipungut biaya. Jadi semua calon haji, harus mengikuti manasik haji sebelum berangkat, kita berharap kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan harapan,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: