Kades Kunci Sukses Pecahkan Rekor MURI

Kades Kunci Sukses Pecahkan Rekor MURI

Membaca Serentak Digelar 22 Februari 2017

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Dirwan Mahmud SH optimis pemecahan rekor MURI membaca terbanyak mampu dipecahkan BS. Pasalnya seluruh forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Bengkulu Selatan sudah mendukung sejak rencana tersebut diluncurkan.

Oleh karena itu, mengingat warga Bengkulu Selatan paling banyak di pedesaan, maka dirinya menekankan kunci sukses pemecahan rekor MURI tersebut ada pada Kades. “Warga Bengkulu Selatan ini pada umumnya berada di pedesaan, jadi kunci suksesnya pemecahan rekor MURI membaca terbanyak ini ada pada Kades,” katanya saat menggelar pertemuan dengan para Kades se-Bengkulu Selatan di gedung Pemuda, Rabu (18/1).

Bupati mengharapkan Kades se-Bengkulu Selatan dapat berperan aktif mensukseskan gerakan tersebut. Dirinya berharap, para Kades dapat mengerahkan warganya untuk ikut membaca serentak nanti. Sehingga target 100 ribu pembaca di Bengkulu Selatan dapat terealisasi.

“Jika semua Kades mampu membawa masing-masing minimal 600 orang warganya, maka target tersebut pasti tercapai,” ujarnya.

Sebab, sambung Bupati, dari 170 ribu jiwa warga Bengkulu Selatan, tersebar di 142 desa dan 16 kelurahan. Jika masing-masing desa membawa 600 orang, maka dengan jumlah 142 desa se Bengkulu Selatan, maka total pembaca sudah mencapai 85.200 orang. Ditambah lagi dari 18 kelurahan dengan masing-masing kelurahan sebanyak 600 orang, maka jumlahnya 10.800 orang. Total masyarakat yang membawa dari 158 desa/kelurahan se Bengkulu Selatan, sudah menjadi 96 ribu orang.

“Ditambah lagi dengan para pelajar, aparat kepolisian, TNI dan pegawai baik pusat maupun daerah, maka pembaca nanti bisa lebih dari 100 ribu orang,” tandasnya.

Dijelaskan Bupati, untuk menarik minat warga membaca serentak dirinya menyiapkan hadiah utama 2 unit mobil, 2 sepeda motor, 50 kulkas, 50 kipas angin dan masih banyak hadiah lainnya. Sehingga nanti selain tujuan warga membaca untuk pemecahan rekor MURI, para pembaca juga berpeluang membawa hadiah utama dan hadiah lainnya.

“Warga yang dapat juga berpeluang membawa pulang dua unit mobil dan hadiah-hadiah lainnya,” terang Bupati.

Sementara itu, perwakilan Kades se-Bengkulu Selatan, Ramses Tomi Irawan yang merupakan Kades Batu Lambang, Pasar Manna memberikan apresiasi atas upaya Pemda BS untuk mengenalkan BS kepada daerah luar lewat membaca serentak.

Oleh karena itu,dirinya mengaku desanya dan desa-desa di Bengkulu Selatan lainnya siap mendukung gerakan tersebut. Bahkan dirinya siap mengerahkan 80 persen warganya untuk ikut membawa serentak.

“Jumlah warga desa kami sebanyak 1.375 jiwa, saya akan kerahkan 80 persen untuk ikut membaca,” terangnya.

Adapun perwakilan FKPD, yakni ketua DPRD Bengkulu Selatan, Yevri Sudianto, Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Ordiva SIK, Ketua Pengadilan Negeri Manna, Ade Sumitra SH MH, Ketua Pengadilan Agama, Drs H Syazili SH MH, Kajari Bengkulu Selatan, Rohayatie SH MH mengaku siap mendukung gerakan membaca serentak pemecahan rekor MURI membaca terbanyak.

“Kami siap mendukung dan semoga rekor MURI membaca terbanyak mampu kita pecahkan,” kata ketua DPRD Bengkulu Selatan, Yevri Sudianto dan diamini para FKPD.

Adapun perwakilan Media yang hadir, General Manajer (GM) RB, Pihan Piho Sikom, Deputi GM Bengkulu Ekspress, Suherdi Marabille SE, GM Rasel, Sahri Senadi juga siap mensukseskan gerakan tersebut.

“Kami media siap membantu baik pikiran maupun tenaga untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujar Pihan Pino yang diamini Suherdi dan Sahri. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: