TNKS Rejang Lebong Siapkan Perempuan Lindungi Warisan Dunia

TNKS Rejang Lebong Siapkan  Perempuan Lindungi Warisan Dunia

CURUP, bengkuluekspress.com - Kantor Wilayah III, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Rejang Lebong, siapkan para perempuanĀ untuk melindungi salah satu warisan dunia yaitu TNKS. Untuk di RL sendiri terdapat sekitar 26 ribu hektar kawasan TNKS di dalam wilayah kabupaten Rejang Lebong.

Kabid Perempuan Lembaga Live, Oktari Sulastri mengungkapkan, terdapat 10 mahasiswi dari beberapa Sekolah Tinggi yang ada di kabupaten RL tergabung dalam Perempuan Penyelamat Situs Warisan Dunia.

\"Kita pilih kaum perempuan, karena kita menilai perempuan lebih bahaya terkena dampak dari kerusakan hutan, seperti dampak kurangnya air kemudian jika terjadinya bencana karena kerusakan hutan, presentase meninggalnya kaum perempuan lebih banyak dan beberapa dampak bahaya lainnya,\" ungkap Oktari. Lanjutnya, untuk itu para kader yang sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan ini nanti diharapkan dapat mensosialisasikannya dengan kaum perempuan terutama ibu - ibu yang bertempat tinggal di kawasan batas TNKS, seperti di desa kawasan Bermani Ulu Raya dan sebagainya.

\"Nanti terdapat berbagai mecam kegiatan ataupun yang akan dilaksanakan terkait hutan TNKS ini dengan objek kaum perempuan,\" tambahnya.

Dari data KantoR Wilayah III TNKS, sekitar 26 ribu hektar luas TNKS di wilayah RL sekitarĀ 10 persennya rusak akibat dirambah oleh oknum tak bertanggung jawab. Sehingga pihaknya memfasilitasi para perempuan remaja, terutama mahasiswi untuk dapat menjadi pelindung dan penyelamat warisan dunia ini, melalui Lembaga Kajian Advokasi dan Edukasi (Live), diharapkan mereka dapat memperkecil dampak bahaya dari kerusakan TNKS. (Ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: