Pelajar SMAN 2 Siap Berwirausaha

Pelajar SMAN 2 Siap Berwirausaha

\"ary-bazar-sman-2-rl-2\"

CURUP, BE - Saat ini bukan hanya lulusan SMK saja yang disiapkan untuk dunia kerja, namun juga untuk lulusan SMA. Salah satu SMA yang telah menyiapkan lulusannya untuk masuk dunia kerja adalah SMAN 2 Rejang Lebong.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya hasil kerajinan yang ditampilkan SMAN 2 Rejang Lebong pada kegiatan bazar produk-produk pengolahan program kewirausahaan SMAN 2 Rejang Lebong yang dilaksanakan di SMAN 2 Rejang Lebong, Sabtu (17/12) kemarin.

\"Semua yang kita tampilkan hari ini (Sabtu) adalah hasil dari pelajar SMAN 2 Rejang Lebong ini,\" ungkap Kepala SMAN 2 Rejang Lebong Riswanto SPd melalui Ketua Panitia Yuyu Yuhanda MPd.

Dijelaskan Yuyu, ada dua jenis produk yang ditampilkan dalam kegiatan bazar Sabtu kemarin. Yang pertama adalah produk pengolahan seperti berbagai jenis makanan hingga kebutuhan sehari-hari seperti sabun.

Kemudian produk lainnya adalah produk keterampilan, seperti kursi, tas dan lainnya. Untuk produk jenis keterampilan ini baik yang menggunakan bahan bekas maupun bahan baru, yang mana semuanya dibuat olah tangan-tangan terampil pelajar SMAN 2 Rejang Lebong. \"Dengan adanya kegiatan ini, kita ingin menumbuhkan jiwa kewirausahaan pelajar kita,\" tambah Yuyu.

Masih menurut Yuyu, para pelajar SMAN 2 Rejang Lebong diajarkan untuk menjadi wirausaha, dengan harapan setelah lulus dari SMAN 2 Rejang Lebong nanti mereka bisa berwirausaha khususnya bagi mereka yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Karena diakui oleh Yuyu, khusus pelajar SMA memang disiapkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun dengan adanya program yang mereka lakukan tersebut bisa mengatasi masalah bagi pelajar yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

\"Kita ingin lulusan SMAN 2 Rejang Lebong ini memiliki kecakapan hidup, sehingga saat mereka lulus nanti bisa membuka lapangan pekerjaan,\" papar Yuyu.

Terkait dengan kegiatan Bazar sendiri, menurut Yuyu sudah dirancang sejak beberapa bulan terakhir. Dimana untuk menciptakan sejumlah karya-karya pelajar SMAN 2 Rejang Lebong, pihak sekolah sebelumnya telah mendatangkan motivator untuk memberikan pengetahuan kepada para pelajarnya.

Diakui Yuyu, bahwa produk yang ditambilkan dalam bazar kemarin, adalah produk-produk yang sebelumnya telah menjalani tahap seleksi. Dari ratusan produk yang diajukan, hanya ada 45 produk yang dinyatakan lolos, kemudian dari 45 produk yang dikerjakan secara kelompok, kemudian dilebur menjadi 29 kelompok yang ditampilkan dalam kegiata Bazar Sabtu kemarin.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, dalam kegiatan Bazar yang dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong T Samuji SPd, berbagai hasil kreatifitas siswa ditampilkan, bahkan dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas Pendidikan didampingi Kepala Sekolah dan guru lainnya meninjau satu persatu hasil karya pelajarnya, bahkan Plt Kepala Dinas diberi kesempatan menyicip makanan yang diolah oleh tangan-tangan trampil pelajar SMAN 2 Rejang Lebong. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: