Bupati Lebong Pantau Seleksi Balon Kades

Bupati Lebong Pantau Seleksi Balon Kades

PELABAI, Bengkulu Ekspress - Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi pada Selasa (6/12) memantau pelaksanaan tes wawancara terhadap bakal calon kepala desa (balon kades) yang dilakukan panitia pemilihan kepala desa (pilkades) tingkat Kabupaten. Tes wawancara terhadap bakal calon kades ini dilakukan, karena calon yang mendaftar di 10 desa lebih dari 5 orang.

Di lokasi tes wawancara balon kades, bupati berpesan, \"Saya minta agar masing masing pewawancara memperhatikan kemampuan komunikasi calon selain visi dan misinya.\'\'

Kemampuan komunikasi ini dinilai bupati penting. Karena peran kepala desa harus bisa menjadi pengayom. Tugas kepala desa ini selain sebagai administrator di desa, mereka juga memiliki peran yang penting di tengah masyarakat baik dalam acara adat maupun pemerintahan.

Berdasarakan peraturan daerah (perda) pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Lebong, calon kades maksimal 5 orang. Kegiatan ini sediri dilaksanakan di gedung SMAN 1 Lebong Atas dan di ikuti 67 bakal calon kepala desa dengan melibatkan 5 panitia pewawancara yakni sekretaris daerah, asisten I Pemda Lebong, Inspektorat, Kasat Intel Polres Lebong dan Kejaksaan Negeri Lebong.

Kepala Bagian pemerintahan Setda Lebong, Firdaus MPd mengungkapkan, kegiatan seleksi wawancara bagi seluruh calon kepala desa dari 10 desa ini ditargetkan selesai dalam 1 hari. Masing masing bakal calon mendapatkan pertanyaan dari panitia seleksi terkait visi misi bakal calon, pengetahuan tentang desa, peraturan perundang-undangan tentang desa,dan motivasi mencalonkan diri sebagai kepala desa.

\"Selanjutnya kita melakukan perangkingan atas hasil tes tersebut dan 5 besar yang memiliki nilai tertinggi kita kirim ke panitia pemilihan kepala desa tingkat desa,\" kata Firdaus.

Dilanjutkan Firdaus, selanjutnya panitia pemilihan kepala desa tingkat desa melakukan penetapan dan pengundian nomor calon. Setelah ditetapkan dan dilakukan pengundian nomor urut, maka selanjutnya masing masing calon harus mengikuti tahapan pelaksanaan pilkades baik untuk waktu kampanye, masa tenang hingga pelaksanaan pemilihan kepala desa pada tanggal 21 desember 2016.

\"Kita harapkan pelaksanaan pilkades di Kabupaten Lebong bisa berjalan lancar dan aman,\" pungkas Firdaus.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: