Tujuh Desa Capai PBB 100 Persen

Tujuh Desa Capai PBB 100 Persen

TAIS, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 7 desa dari 202 yang ada Kabupaten Seluma berhasil merealisasikan penagihan pajak bumi dan bangunan (PBB) mencapai 100 persen. Hanya saja, masih banyak nilai jual objek pajak (NJOP) yang harus diperbaiki. Karena masih banyak nilai PBB yang ditagihakan tidak sesuai dengan kondisi tanah dan bangunan milik warga.

“Pencapaian memang terpenuhi seluruhnya, namun masih banyak ditemukan kesalahan NJOP tanah maupun bagunan rumah yang ada di desa,”tegas Kades Lubuk Gio Tusmi Herawani kepada Bengkulu Ekspress kemarin.

Desa yang berhasil merealisasikan PBB 100 persen itu antara lain, Desa Suka Bulan, Kecamatan Talo kecil, Desa penago baru kecamatan Ilir talo, Desa Sido Luhur kec Sukaraja, Desa Lubuk Gio Kecamatan Talo,  Desa Air Teras Kecamatan Talo dan Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat.

Tusmi menegaskan, masih ditemukan NJOP yang dibagikan oleh DPPKAD tidak sesuai dengan realisasi di lapangan. Bahkan, beberapa NJOP ada yang tidak sesuai dengan nama pemiliknya. Sebagian lagi terdapat kesalahan nama pemilik.. Dari sekian banyak tagihan PBB yang disebarkan sebagian besar nilainya tidak sesuai NJOP. Diharapkan kesalahan NJOP ini dapat diperbaiki di tahun 2017 mendatang. Dengan harapan pendapatan asli daerah (PAD) ikut bertambah.

“Diharapkan kesalahan NJOP PBB itu pada  tahun mendapang dapat diperbaiki. Bukan saja di Desa Lubuk Gio namun secara keseluruhan,” harapnya.

Ketika ditanya mengenai pencapaian realisasi PBB yang telah diraih desa ya,Tusmi mengatakan, desa memanfaatkan setiap kesempatan. Mulai dari kegiatan desa hingga kondangan warga selalu diingatkan untuk membayar PBB . Jika ada PBB yang telah jatuh tempo masa pembayarannya, Tusmi juga tidak segan mengumumkannya dalam setiap kegiatan agar warga membayar PBB. Sementara untuk pembayaran sendiri, warga bisa menitipkan kepadanya maupun mendatangi petugas yang telah ada.

“Saya selalu memanfaatkan kesempatan untuk mengingatkan warga untuk membayar pajak tersebut. Pencapaian 100 persen ini sudah berlangsung sedari tahun 2010 hingga sekarang,” sampainya.

Diketahui, kemarin sebanyak 7 kepala desa peraih pencapaian PBB tercapai diberikan penghargaan oleh Wakil Bupati Seluma Suparto Msi. Desa itu bisa menjadi contoh bagi desa lain untuk meningkatkan PPB dan pencapaiannya.

“Peran serta dari kades cukup penting dapan pencapaian PBB ini serta bagian dari perolehan PAD bagi kabupaten Seluma. Terpenting bisa dicontoh bagi desa lainnya. Kedepamn kesalahan NJOP dalam PBB itu kita perbaiki,” imbuhnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: