Pengamanan Binduriang Kodim Turun Tangan

Pengamanan Binduriang Kodim Turun Tangan

CURUP, BE - Aksi perampokan yang menimpa anggota Polres Kepahiang Rabu (16/01) mengundang perhatian Kodim 0409 Rejang Lebong. Bahkan secara khusus, Dandim 0409 RL Letkol Inf Yanto Kusno Hendarto didampingi Pasiter Danrem 041 Gamas pada Jum\'at pagi (18/01) menggelar pertemuan khusus di ruang kerja Bupati H Suherman SE MM, dengan agenda koordinasi membahas masalah keamanan kawasan Lembak di Binduriang pasca insiden perampokkan yang sudah meresakan warga.

\"Tadi kita minta kesiapan Bupati untuk menggelar rapat atau pertemuan dengan mengundang tokoh masyarakat, adat, perangkat Desa Lembak. Sejauh ini ya memang perlu kita upayakan pertemuan tapi untuk pelaksanaannya kita masih koordinasi lebih lanjut,\" ujar Dandim, ditemui wartawan usai pertemuan di Kantor Bupati RL. Dandim berharap, insiden perampokan yang menimpa personel Polri pada Rabu sore (16/1), tidak perlu dibesar-besarkan. Pasalnya, masalah itu hanya masalah yang mudah diatasi. \"Bagaimana pun keamanan tetap menjadi tanggung jawab kita bersama, bahkan selama ini berbagai upaya telah kita lakukan termasuk pendekatan dengan masyarakat,\" tegas Dandim.

Apapun solusinya nanti, kata Dandim, baru akan disepakati bersama setelah rapat koordinasi nanti digelar. \"Makanya dari rapat tersebut akan ada solusi yang diinginkan masyarakat disana seperti apa,\" ujarnya.

Sementara itu, Bupati RL H Suherman, SE, MM dikonfirmasi wartawan mengaku, pertemuan yang dilakukan tidak lain untuk membicarakan rencana Dandim untuk menggelar rapat di Pemda RL. \"Selama ini kita sudah seringkali melaksanakan kegiatan seperti itu. Untuk pelaksanaannya kita belum dapat memastikan kapan, namun dapat kita perkirakan pada bulan Febuari mendatang. Mengingat bulan ini banyak agenda yang mesti kita selesaikan sehingga perlu waktu,\" jelas Bupati.

Bupati menambahkan, pihaknya tidak mau berspekulasi terlalu jauh mengenai masalah keamanan dan masalah hukum di wilayah Lembak. Pasalnya, itu adalah kewenangan pihak berkompenten yakni aparat hukum. \"Itulah dari hasil rapat nanti bisa ketahuan solusi apa yang diinginkan masyarakat lembak. Rencana yang akan hadir dalam rapat nanti Danrem, tokoh masyarakat, adat, agama, pemuda dan para LSM diwilayah Lembak,\" papar Bupati.

Pantauan wartawan, Pasiter Korem 041 Gamas juga terlihat bertandang ke Mapolres RL. Wartawan belum berhasil mengkonfirmasi pertemuan yang dilakukan dua pimpinan di TNI AD dan Polres RL tersebut. Namun diduga masih membahas soal langkah stategis pengamanan di jalan lintas Curup-Lubuklinggau, yang kerap dijadikan lokasi perampokan kendaraan bermotor. Kawal Kendaraan Sementara itu Polda Bengkulu terus memantau perkembangan keamanan di kawasan jalan lintas Curup-Lubuklinggau. Tindakan preventif pun dilakukan berupa pengawalan terhadap kendaraan roda dua yang akan melintas di kawasan tersebut. \"Khususnya roda dua yang akan melintas dikawasan tersebut. Selain itu  aparat kepolisian dari Polres Rejang Lebong  dibantu anggota Brimob tetap akan berjaga-jaga,\" ujar Kabid Humas Polda, AKBP Heri Wiyanto.

Dijelaskanya,  tim yang telah diturunkan  selain anggota polisi  juga tim intelijen yang bertugas untuk mengumpulkan bahan-bahan keterangan.\"Sekaligus melakukan identifikasi  pelaku apakah  pelaku merupakan warga lokal Binduriang atau warga  yang datang dari daerah lain,\" tukasnya. (247/999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: