Waspada Banjir dan Gelombang Tinggi

Waspada Banjir dan Gelombang Tinggi

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Wilayah kabupaten Mukomuko kembali diterjang hujan disertai angin kencang. Masyarakat diminta waspada banjir, termasuk nelayan yang beraktifitas diperairan karena gelombang tinggi. “Curah hujan dan gelombang tinggi. Masyarakat harus waspada,” ingat Kepala BPBD Kabupaten, Ramdani SE MSi dikonfirmasi, kemarin (13/10).

Ini diingatkan selain curah hujan tinggi. Juga telah terjadi banjir beberapa hari lalu hingga ada sejumlah rumah penduduk yang terendam air, termasuk fasilitas umum dan usaha. Pihaknya menyarankan agar masyarakat segera melakukan perbaikan saluran air supaya  mengalir dengan lancar.

Terutama warga yang bermukim di bantaran sungai. Ini untuk mengantisipasi jangan sampai air dari  sungai meluap tidak tertampung hingga masuk ke pemukiman penduduk.

Menurutnya  mayoritas penyebab banjir di pemukiman penduduk di daerah ini disebabkan siring  dan drainase yang ada tidak mengalir dengan lancar seperti banjir beberapa hari lalu.

Dengan harapan masyarakat bergotong royong dimana saja warga tersebut berdomisili. Ini diantaranya untuk meminimalisir terjadinya banjir dan dampak negatif lainnya. Seperti akibat genangan air dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Ramdani juga mengingatkan agar nelayan tetap waspada. Cuaca ekstreem seperti saat ini  cukup berbahaya. Ditambah dengan  angin kencang dan gelombang tinggi. “Kami imbau nelayan tetap waspada dan lebih baik istirahat dulu  hingga cuaca kembali bersahabat,” imbaunya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: