Bengkulu Tengah Potensial Bio Gas

Bengkulu Tengah Potensial Bio Gas

\"manure-biogas\"BENTENG, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Damsik SPKP mengungkapkan, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memiliki potensi pengembangan bio gas yang bersumber dari kotoran sapi dan kerbau.

\"Saat ini memang hewan ternak di Benteng masih banyak diliarkan, padahal ini bisa menjadi potensi yang sangat luar biasa bila diorganizir secara baik dan membuat desa menjadi mandiri,\" jelas Damsik, kemarin.

Damsik menambahkan, hampir setiap desa memiliki hewan ternak jenis sapi dan kerbau. Hanya saja potensi dari kedua hewan ternak tersebut masih dibaikan lantaran ketidakpahaman masyarakat mengenai manfaatnya. Menurutnya, pengembangan bio gas dari kotoran hewan tersebut bisa menjadi solusi untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar jenis minyak tanah atau gas tabung melon, terutama bagi masyarakat yang ada di wilayah pedesaan.

\"Kita memiliki potensi itu, tapi belum tergarap. Kita memiliki banyak sekali sapi dan kerbau, bahkan di beberapa kecamatan hewan ini malah menjadi pemicu keributan masyarakat lantaran liar, sering menyeberang jalan dan mamakan tanaman warga. Jika sudah dikandangkan, maka ini akan menjadi sumber energi yang sangat luar biasa. Sebagaimana bio gas ini sudah dikembangkan di Pulau Jawa dan Bali,\" papar Damsik.

Menurutnya, studi yang pernah dilakukan, untuk menggerakkan generator listrik dan kompor bio gas hanya dibutuhkan kotoran dari 3 sapi atau kerbau. Sebab itu, jika dibandingkan dengan jumlah potensi sumber daya yang ada di Benteng, maka masyarakat tidak perlu lagi repot atau kewalahan mencari sumber energi.

\"Bayangkan ada berapa banyak rumah warga yang bisa terbantu dengan bio gas ini. Sebab itu, potensi ini akan menjadi prioritas kami dalam membimbing masyarakat melalui penerapan teknologi tepat guna,\" tutup Damsik. (135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: