Disnakan Siapkan Straw IB Gratis

Disnakan Siapkan Straw IB Gratis

CURUP, Bengkulu Ekspress - Menyikapi terus berkurangnya populasi hewan ternak khususnya jenis sapi di Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan ribuan straw untuk inseminasi buataan (Ib) atau kawin suntik.

\"Untuk tahun ini, jumlah straw Ib yang kita siapkan sebanyak 1.500, ini akan kita berikan secara gratis kepada warga kita,\" ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Rejang Lebong, Ir Amrul Eby MM.

Menurut Eby, sebanyak 1.500 straw Ib tersebut dibeli dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun anggaran 2016 ini. Namun menurut Eby, bila memang nanti penggunaan straw untuk kawin suntik ini kurang, maka pihak Disnakan Kabupaten Rejang Lebong tinggal mengajukan permintaan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.

\"Kita akan habiskan dulu yang kita beli sendiri, namun bila kurang, pihak Provinsi Bengkulu siap menyuplai berapapun kebutuhan kita,\" ungkap Eby.

Dengan adanya straw Ib gratis ini, menyarankan kepada petani yang ingin memanfaatkannya bisa mendatangi Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rjenag Lebong atau melalui Puskeswan Curup dan Mojorejo.  Namun menurut Eby, sebelum dilakukan kawin suntik, petugas dari Puskeswan akan melihat terlebih dahulu, apakah sapi yang akan disuntik tersebut memang sudah siap untuk dikawinkan atau belum atau masih dalam masa birahi atau tidaknya. Karena menurut Eby, percuma saja bisa dilakukan penyuntikan namun sapi tidak dalam kondisi siap kawin.

\"Biasanya tanda-tanda birahi sapi akan mudah dikenali oleh petugas, bila memang sudah waktunya maka akan langsung dilakukan penyuntikan,\" jelas Eby.

Dari penyuntikan pertama tersebut, menurut Eby akan dilihat perkembangannya selama 20 hari kedepan. Bila memang tidak ada perkembangan maka sapi tersebut mengalami gangguan reproduksi.

Di sisi lain, dari 1.500 straw Ib yang disiapkan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Eby saat ini sudah terpakai sebanyak 1.000 straw. Dengan adanya bantuan straw Ib ini, Eby berharap bisa mendongkrak populasi hewan ternak khususnya sapi di Kabupaten Rejang Lebong. Dinaman menurut Eby saat ini populasi sapi di Rejang Lebong hanya sekitar 5.200 ekor saja.

Diakui Eby, angka tersebut tidak cukup untuk memenuhi konsumsi sapi di Rejang Lebong setiap tahunnya sehingga masih banyak mendatangkan sapi dari luar.

\"Dengan adanya Ib gratis ini, kita berharap bisa mendongkrak populasi sapi kita sehingga untuk memenuhi kebutuhan sapi di Rejang Lebong ini tidak mesti dari luar daerah,\" akhir Eby.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: