10 Kecamatan Sudah Divaksin Rabies

10 Kecamatan Sudah Divaksin Rabies

 \"ist-vaksinasi-massal-hpr-2\"

CURUP, BE- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong melalui Puskeswan Curup dan Puskeswan Mojorejo terus melakukan kegiatan vaksinasi rabies. Hingga bulan September 2016 ini, dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sudah ada 10 kecamatan yang telah divaksin 100 persen.

\"Untuk kegiatan vaksinasi terus kita lakukan, dan saat ini sudah ada 10 kecamatan yang telah kita vaksin 100 persen,\" ungkap Kepala Puskeswan Curup, drh Firi Asdianto.

10 Kecamatan yang telah divaksin tersebut adalah Kecamatan Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Sindang Kelingi, Sindang Dataran, Selupu Rejang. Kemudian Kecamatan Curup Selatan, Curup, Curup Utara dan Curup Tengah.

Sedangkan untuk kecamatan lainnya, menurut Firi, belum semua desa dan kelurahan di setiap kecamatan tersebut mereka datangi. Sehingga kegiatan vaksinasi yang mereka lakukan belum mencapai 100 persen. \"Untuk kecamatan lain yang belum mencapai 100 persen, karena baru ada beberapa desa dan kelurahan dari satu kecamatan yang kita datangi,\" terang Firi.

Disisi lain, Firi juga mengungkapkan, vaksinasi 100 persen yang ia maksud, bukan terkait mengenai seluruh hewan penular rabies (HPR) disatu kecamatan tersebut sudah divaksin. Namun 100 persen yang ia maksud adalah seluruh desa dan kelurahan disatu desa sudah mereka datangi.

Terkait dengan jumlah HPR sendiri, yang telah divaksin, menurut Firi dari estimasi jumlah HPR di Rejang Lebong sekitar 40 ribu ekor, saat ini baru sekitar 9 ribu HPR di Kabupaten Rejang Lebong yang telah divaksin. Sedangkan dari total vaksin yang tersisa hanya sekitar untuk 9 ribu ekor lagi.

\"Kita akui memang sangat sulit agar bisa memberikan vaksin kepada seluruh HPR di Rejang Lebong ini,\" jelas Firi. Diungkapkan Firi, untuk memvaksin seluruh HPR di Rejang Lebong, pihaknya menemukan sejumlah kendala.

Mulai dari saat dilakukan vaksinasi banyak pemilik HPR yang tidak datang. Kemudian disisi lain, jumlah vaksin yang tersedia sendiri masih sangat kurang. Dimana untuk tahun 2016 ini vaksin yang disediakan untuk Rejang Lebong hanya untuk sekitar 1.800 ekor HPR.

Bahkan menurut Firi, sebagian besar vaksin HPR yang digunakan di Bumi Pat Petulai berasal dari APBN dan APBD Provinsi Bengkulu. Karena menurutnya dari kuota vaksin yang diterima Rejang Lebong tahun 2016 ini, yang bersumber dari APBD Rejang Lebong hanya untuk 1.000 ekor HPR.

\"Pun jumlah vaksin kita banyak atau sesuai dengan populasi HPR, kita juga tidak bisa merealisasikan semuanya, karena terkendala masalah SDM dan saranan dan prasarana penunjang kita,\" jelas Firi.

Disisi lain, dalam memperingati Hari Rabies Dunia pada 28 September kemarin. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong menggelar kegiatan vaksinasi massal. Vaksinasi massal tersebut dilaksanakan di Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan dipusatkan di Desa Kasie Kasubun. Selain di Desa Kasie Kasubun kegiatan vaksinasi juga dilakukan di Desa Blumai I dan Blumai II.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: