Waspada, Curnak Marak

Waspada, Curnak Marak

\"Meski

AKSI pencurian hewan ternak (Curnak) di Kabupaten Kaur akhir-akhir ini mulai marak terjadi. Bahkan tidak berselang satu minggu sudah ada warga yang hilang. Seperti yang dialami warga Kecamatan Kaur Selatan beberapa waktu lalu, sapi miliknya dibawa kabur pencuri.

“Memang sekarang lagi marak pencurian hewan teranak, mungkin karena mau lebaran haji ini,” kata Camat Kaur Selatan Bahasim MT Pd, Rabu (17/8) kemarin.

Dikatakan Camat, biasanya pelaku beraksi ini di malam hari sekitar pukul 12.00 WIB keatas, pelaku melancarkan aksinya dengan cara mengunakan mobil Pick-Up. Kemudian setelah sapi tersebut berhasil ditangkap, dan oleh pelaku langsung dimasukan ke dalam mobil tersebut.

“Biasanya target pelaku itu sapi-sapi yang berkeliaran di pinggir jalan, karena masyarakat Kaur ini banyak sapi atau kambingnya tidak dikandangkan,”terangnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Bambang Purwanto SIK membenarkan jika akhir-akhir ini warga sering kehilangan ternak. Sebab dari laporan yang telah diterima pihaknya sudah beberapa warga yang melapor kehilangan ternak.

“Memang akhir-kahir ini banyak curnak, ini karena mau lebaran haji, dan permintaan ternak meningkat,”ujarnya.

Ditambahkan, untuk mengatasi masalah ini, dirinya berharap agar warga selau meningkatkan kewaspadaan dengan selalu menjaga pos keamanan lingkunagan (poskambling). Sebab dengan adanya poskamling ini dapat mencega terjadinya kasi pencurian dalam lingkunagn warga sekitar.

“Kita selalu ingatkan kepada warga untuk aktif menggelar ronda setiap malamnya, ini salah satu langkah untuk mencegah aksi pencurian,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: