Pejuang Tagih Janji Bupati

Pejuang Tagih Janji Bupati

TAIS, BE - Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Seluma pernah berjanji pada para pejuang veteran Kabupaten Seluma mau membuat taman makam pahlawan (TMP). Janji itupun ditagih realisaisnya oleh para veteran. Hal itu disampaikan dalam acara tatap muka unsur FKPD dengan tokoh pembentuk Kabupaten Seluma, purnawirawan, Warakauri, serta veteran angkatan ’45 bersama Bupati Bundra Jaya dan jajaran di gedung daerah Serasan Seijoan.

“Sebenarnya sudah tiga tahun wacana pembangunan TMP ini, namun sampai sekarang tak kunjung terwujud,” tegas salah seorang pejuang A Rahman KP.

Anggota PPKS Bustan A Dali menyampaikan, pada 2016 ini saja ada 4 orang pejuang seluma meninggal, salah seorang diantaranya orang tua kandung Ketua DPRD Seluma. Seharusnya pemakamannya ditempatkan di TMP. Jika ketiadaan TMP tetap dibiarkan maka jelas membuat Kabupaten Seluma malu.

\"Sejak pemekaran tak kunjung ada TMP dan selalu berjanji. Kami berharap kepada Pemkab Seluma untuk segera membangun TMP ini, sudah tiga tahun diwacanakan dan belum terrealisasi,” sambungya.

Terkait pembangunan (TMP) di Kabupaten Seluma Kepala Dinas Sosial Kabupaten Seluma H Budi Hermanto SH MH menegaskan, tahun ini dilakukan pembangunannya. Mengingat dananya telah dianggarkan sebesar Rp 1 M untuk pematanggan lahan serta pembuatan gapura pada makam pahlawan yang direncanakan akan dibangun di Desa Air Latak Kecamatan Seluma Barat.

“APBD Perubahan baru saja di sahkan, sehingga harus pembuatan DPA terlebih dahulu namun tahun ini pasti dikerjakan,” tegasnya di hadapan para pejuang kemarin.

Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH mengharapkan, Dinas Sosial bisa lebih aktif lagi untuk mengusulkan anggarannya ke pusat. Sehingga bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI kali ini, Pemkab Seluma tidak punya TMP yang akan dijadikan sebagai lokasi renungan suci.

“Terpenting kita bergerak dulu baru mengajukan sejumlah kekurangan tersebut ke pusat. Serta saya harap ini bisa direalisasikan,” lirihnya.

Tatap muka veteran dan pejabat Seluma itu berlangsung penuh haru dan keakraban. Para veteran menyampaikan sumbangsuh sarannya pada pejabat Seluma.

Upacara HUT RI Sukses

Upacara Bendera peringatan HUT RI ke-71 di gedung Daerah Serasan Seijoan, Seluma, kemarin (17/8) sukses. Pasukan pengibar bendera (Paskibra) berhasil menaikkan dan menurunkan bendera dengan baik.

Hanya saja saat upacara menaikkan bendera ada sedikit kekurangan pada atribut yang dikenakan pasukan TNI dan POLRI. Sebanyak 40 personel pasukan penggiring paskibra itu tidak menggunakan scrap merah putih atau berwarna merah yang disematkan di leher. Mereka terlihat seperti peserta upacara biasa. Hal itu sempat menjadi pembicaraan para peserta upacara dan juga menjadi perhatian Dandim 0425/ Seluma.

“Acara ini sudah dipersiapkan dari jauh hari. Seharusnya panitia lebih cekatan dalam hal ini dan ini jelas mencoreng pasukan paskibraka sendiri,” tegasnya.

Namun pada upacara penurunan bendera sore kemarin, kekurangan itu sudah diperbaiki. Pasukan TNI/POLRI sudah memakai scraf berwarna merah di lehernya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: