Peraih UN Tertingi Diberi Motor

Peraih UN Tertingi Diberi Motor

\"Ary,

CURUP, BE - Keberhasilan Hanifah Harahap dalam meraih nilai UN tertinggi tingkat SMP tahun 2016 ini menjadi keberkahan sendiri bagi dirinya. Hal tersebut setelah dipastikan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, pelajar berprestasi tersebut juga mendapat hadiah tambahan yaitu berupa satu unit sepeda motor.

Hadiah tambahan satu unit sepeda motor tersebut, merupakan pemberian pribadi dari Kepala SMP Negeri 1 Curup tempat Hanifah menuntut pendidikan selama tiga tahun terakhir. Menurut Kepala SMP Negeri 1 Curup, Arlan SPd, hadiah sepeda motor yang diberikan tersebut merupakan nazar yang ia sampaikan selama tiga tahun terakhir. Dimana menurut Arlan, Nazar yang ia sampaikan tersebut adalah bila ada anak SMP Negeri 1 Curup bisa meraih 10 besar tingkat nasional, maka ia akan memberikan satu unit sepeda motor. Maka pada tahun ini Hanifa berhasil mencatatkan meraih peringkat ke-6 nasional sehingga ia langsung membayar nazarnya.

\"Karena anak kita ini meraih peringkat nasional, maka saya langsung membayar nazar saya untuk memberikan sepeda motor,\" aku Arlan usai acara halal bi halal di halaman Kantor Bupati Rejang Lebong, Senin (25/7) kemarin.

Dengan diberikannya hadiah sepeda motor ini, Arlan berharap bisa menjadi motivasi bagi pelajar SMP Negeri 1 Curup untuk bisa meraih prestasi minimal sama dengan yang diraih Hanifa. Karena menurut Arlan, bila ia masih menjabat sebagai Kepala SMPN 1 Curup, maka tahun depan ia akan kembali memberikan hadiah sepeda motor untuk mereka yang masuk 10 besar nasional.

Dipilihnya kendaraan bermotor, dengan harapan Hanifa tidak ada kendala lagi dalam melanjutkan pendidikan ke SMA. Terlebih lagi menurut Arlan, ayah Hanifa sudah meninggal dunia setelah ia mengikuti ujian nasional beberapa waktu lalu.

\"Kita berharap sepeda motor ini bisa membantu Hanifa, karena ayahnya sudah meninggal dan ibunya sudah sakit. Seharusnya yang menerima ini adalah sang ibu, namun karena sedang cuci darah, sehingga diserahkan langsung kepada Hanifah.

Sementara itu Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi memberikan aspreasi pada siswa-siswi yang mendapatkan nilai tertingi UN. Selain keluarga ia juga meminta pada pihak sekolah terus memberikan dukungan pada siswa-siswinya dalam meraih jenjang pendidikanya.

\"Berikan suport pada anak-anak didiknya dan jadikan dunia pendidikan Rejang Lebong lebih maju dan mendorong agar Rejang Lebong sebagai kota pendidikan,\" harap bupati.

Lebih lanjut bupati mengungkapkan, bahwa pelajar di Kabupaten Rejang Lebong harus mampu meraih prestasi. Karena Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan membantu dengan memberikan beasiswa. Bahkan menurut bupati untuk tiga terbaik lulusan SMA akan dikuliahkan di fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu dan biayanya diberikan sepenuhnya oleh Pemda Rejang Lebong.

\"Setiap tahun akan ada tiga pelajar terbaik kita yang akan dikuliahkan di fakultas Kedokteran Unib dengan sistem tes,\" terang bupati. Dijelaskan Wabup, dengan banyaknya pelajar yang berpresrasi di Rejang Lebong, maka kedepannya Rejang Lebong tidak perlu lagi mengimpor SDM dari luar Rejang Lebong. Karena menurutnya putra dan putri asli Rejang Lebong akan diutamakan.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong, Zakaria Effendi MPd mengungkapkan, dalam acara halal bihalal kemarin. Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong memberikan hadiah kepada peraih UN tertinggi untuk tingkat SMP dan SD di Kabupaten Rejang Lebong yang sudah dianggarkan di APBD Rejang Lebong.

Untuk pelajar SMP peraih peringkat satu akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, peringkat 2 Rp 8 juta dan peringakt 3 Rp 6 juta. Sedangkan untuk peraih Unas tertinggi SD meraih uang pembinaan sebesar Rp 8 juta, peringkat kedua sebesar Rp 6 juta dan peringkat ketiga sebesar Rp 4 juta.

\"Reward yang kita berikan ini, diharapkan bisa memacu motivasi pelajar kita kedepannya untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi,\" harap Zakaria. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: