Warga Padang Bakung Direlokasi

Warga Padang Bakung Direlokasi

SAM, BE - Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH langsung mengunjungi Desa Padang Bakung Semidang Alas Maras (SAM), kemarin.  Lokasi desa yang terkikis abrasi air laut, yang menyebabkan rumah warga  setempat kerap  mengalami banjir.  Akibat jalan negara dan rumah warga setempat sudah bergeser mendekati bibir pantai. Setelah melihat secara langsung kondisi Desa Bakung, Bupati pun menyiapkan program relokasi bagi warga Padang Bakung tersebut.

“Saya harap Kepala Desa bersama warganya bisa pindah dari lokasi tersebut. Setidaknya berada di kawasan lebih tinggi, seperti di Talang Beringin maupun Dusun Baru,”  tegas Bupati Bundra Jaya melalui Kabag Humas dan Protokol Pemda Seluma H Hendarsyah SIP MT kepada BE kemarin (6/6).

Untuk pelaksanaan relokasi itu, Kades diminta mencari lokasi yang tepat sebagai lokasi tempat warga berpindah. Lokasinya harus mencukupi menampung semua warga Desa Padang Bakung yang terdampak abrasi. Bila lahan tersebut bukan  milik warga, maka warga Padang Bakung bisa langsung pindah.  Jika pun lahan yang didapatkan ternyata milik warga, maka Pemda Seluma siap  melakukan pembebasan dan memberikan ganti rugi kepada pemilik lahan. Setidaknya lahan rekolasi itu luasnya sekitar 5 hektar.

“Untuk lokasi memang masih belum final. Masih direncanakan terlebih dahulu oleh Kades. Terpenting warga desa kedepannya tidak lagi kebanjiran disebabkan air pasang laut tersebut,” tegas Kabag Humas.

Kawasan Desa Padang Bakung memang berada di bawah air laut. Banjir yang terjadi di desa itupun suatu kewajaran saat air laut pasang terjadi.  Meskipun menyiapkan lokasi relokasi bagi warga Desa Padang Bakung, namun Pemkab Seluma tetap mengusulkan agar pembangunan pemecah gelombang di sepanjang Desa Padang Bakung sampai Muara Maras kembali dilanjutkan oleh Pemerintah RI.

“Usulan perbaikan tetap disampaikan dan terpenting relokasi warga juga dilakukan,” harapnya.

Pada kesempatan kunjungannya itu, Bupati Bundra Jaya juga sekaligus menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada warga Desa Padang Bakung. Bantuan itu diantaranya berupa mie instan dan bahan kebutuhan pokok lainnya.

Wakil Ketua II DPRD Seluma Okti Fitriani SPd MSi  menanggapi agar Bupati Bundra Jaya  bersama dengan dinas terkait segera bertindak.  Melaporkan kondisi jalan nasional di Kabupaten Seluma yang terkena abrasi itu kepada Gubernur Bengkulu dan ke Kementerian Pekerjaan Umum.

“Itu memang jalan nasional pemerintah pusat yang berwenang membangun, tapi letaknya di daerah. Bupati tetap harus bertindak cepat melaporkannya ke pemerintah pusadan ke Gubernur Bengkulu,\'\' tandas Okti. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: