Calon Pejabat Unjuk Kemampuan

Calon Pejabat Unjuk Kemampuan

 CURUP, BE - Setelah sebelumnya mengikuti tes tertulis bidang manajerial, saat ini para calon pejabat yang ikut mendaftar pada lelang jabatan pimpinan tinggi pratama Kabupaten Rejang Lebong tengah unjuk kemampuan sesuai dengan bidang yang dminatinya.

Menurut Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Jabatan Prof Kamaludin melalui Sekretaris Pansel Santoso SH MSi, hingga kemarin seleksi yang dilakukan memasuki tahap pemaparan makalah dan wawancara dengan para penguji. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki para calon pejabat Rejang Lebong tersebut sesuai dengan jabatan yang diminatinya.

\"Dalam pemaparan makalah ini, panitia akan melihat sejauh mana pengetahuan mereka sesuai dengan bidang jabatan yang mereka minati,\" jelas Santoso.

Lebih lanjut Santoso mengakui, selain untuk melihat sejauh mana kemampuan yang mereka miliki, juga untuk mengetahui program apa saja yang akan dibawa bila memang nanti mereka dipercaya menjabat sebagai pejabat eselona II baik sebagai sekretaris daerah maupun kepala dinas dan badan yang ada di Rejang Lebong.

\"Dengan adanya pemaparan makalah ini, selain untuk melihat kemapuan mereka, kita juga ingin melihat apa yang akan mereka lakukan setelah dipercaya menjabat nanti,\" tambah Santoso.

Tahapan seleksi dengan agenda pemaparan makalah atau wawancara ini dilakukan selama tiga hari terhitung dari hari Kamis (2/6) hingga hari ini.

Untuk hari pertama, pemaparan makalah untuk mereka yang mendaftar sebagai Sekretaris Daerah dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik. Kemudian dihari kedua kemarin untuk jabatan Kepala Bappeda, Kepala BPBD, Kepala BKD dan Kepala DPKAD Rejang Lebong. Sedangkan hari ini untuk jabatan Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Kepala Dinas Kesehatan.

Dalam memaparkan makalah peserta hanya diberi waktu selama 30 menit. Pelaksanaan tes sendiri dilaksanakan di Kantor BKD Rejang Lebong dan uji langsung oleh lima tim pansel secara bersamaan. Kelima tim Pansel tersebut selain ketua dan sekretaris ada Hamdan dari tokoh masyarakat Rejang Lebong, Budiman dari Birokrat Provinsi Bengkulu dan Iswarman sebagai mantan birokrat.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: