RPJMD Harus Sesuai Program Gubernur

RPJMD Harus Sesuai Program Gubernur

 BENGKULU, BE - Dalam penyusunan Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD), tentunya harus sesuai dengan program Gubernur dan Wakil Gubernur 5 tahun mendatang. Ketika RPJMD tersebut tidak sesuai dengan program, maka dipastikan kontrak politik kepada masyarakat melalui visi misi Gubernur tidak akan terealisasi.

\"Visi misi yang kita bangun itu merupakan kontrak politik kepada masyarakat. Jangan sampai melalui RPJMD ada kesimpangsiuran, yang berakibat tidak terwujudnya program yang dibutuhkan masyarakat tersebut,\" tegas Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH saat menyampaikan sambutannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) penyusunan RPJMD Provinsi Bengkulu tahun 2016-2021, di Grage Hotel Horizon Bengkulu, Kamis (3/6).

Lanjutnya, 8 visi misi dan 7 program prioritas yang telah disosialisaikan itu lah yang membuat Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah dipilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. Sementara untuk penyusunannya sendiri juga membutuhkan proses panjang, baik melalui kanjian yang matang maupun terjun langsung ke lapangan.

\"Ini lah yang akan kita pertanggungjawabkan selama 5 tahun mendatang dan masyarakat akan terus menagih program yang menjadi kebutuhan masyarakat. Bukan lagi hanya sebatas keinginan,\" terangnya.

Agar tidak keluar dari kontestasi atara program dan RPJMD, Gubernur menurunkan langsung tim Pokja pengendalian perencanaan dan realisasi visi misi Gubernur. Hal itu untuk memantau dan terus meluruskan tim pembahas RPJMD atara pemerintahan kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu.

\"Kita tidak menginginkan program yang berbau durian ini, saat menjadi RPJMD berbau ikan asin. Artinya tidak sejalan apa yang telah menjadi harapan masyarakat,\" bebernya.

RPJMD sangat penting untuk dibahas, karena ketika RPJMD ini telah disepakat bersama, tidak ada payung hukum lagi.

Ketika program kandidat kepala daerah terpilih tidak masuk dalam RPJMD, diperlukan keselarasan antara program pemerintah provinsi ke pemerintah kabupaten kota. Sehingga sinkoronisasi program dalam bersama-sama diralisasikan.

\"Program provinsi juga mengacu pada program pusat. Kalau di provinsi tidak sesuai dengan program pusat maka dianggap gagal. Begitupun di daerah, untuk itu perlu keselarasan melalui RPJMD ini,\" ungkap RM.

Akademisi Universitas Bengkulu, Dr Panji Suminar MA yang ditunjuk gubernur sebagai Koordinator Tim Pokja RPJM mengatakan langkah awal ini ialah memberikan pemahaman kepada tim pembahas dan legislatif tentang histori adanya visi misi gubernur Bengkulu. Ketika ini nantinya telah dipahami bersama, maka RPJMD nantinya akan dapat sejalan dengan visi misi gubernur.

\"Tantu jangan sampai nanti RPJMD distorsi dengan visi misi. Ini yang harus dipaham ligislatif tentang kontrak politik gubernur dengan masyarakat,\" terang Panji.

Setidaknya ada 12 orang Tim Pokja yang akan mengawal atas penyusunan RPJMD. Diman 12 orang tersebut berasala dari akademisi yang mengusai diberbagai bidang, baik bidang kemaritiman, budaya, kesehatan, pendidikan dan berbagai bidang lainnya.

\"Kita akan awasi sampai ditingkat pembahasan ketika program gubernur harus dilakukan penyusunan Perda. Karena sekali lagi, program yang disampaikan ini bukan program keinginan melainkan program yang dibutuhkan oleh masyarakat Bengkulu,\" pungkasnya.

RPJMD dihadiri oleh Wakil Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersya MMA, Bupati dan walikota se-Provinsi Bengkulu, pimpinan FKPD Bengkulu dan seluruh pimpinan SKPD Pemprov Bengkulu ini.(151)

VISI MISI GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BENGKULU

1. Mewujudkan pemerintah yang baik, bersih melalui reformasi tata kelolah pemerintahan 2. Mingkatkan kwalitas dan kwantitas pelayanan kesejahteraan sosial dan layanan dasar pendidikan, kesehatan, perekonomian rakyat berbasis keunggulan lokal 3. Meningkatkan dan memantapkan kapasitas infrastruktur dasar dan strategis 4. Mewujudkan pola pengelolahan SDM dan lingkungan yang berkeadailan dan berkelanjutan 5. mewujudkan pengembangan kemaritiman yang integratif 6. Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak 7. Meningkatakn kompetensi kepemudaan dan prestasi olahraga 8. Mewujudkan masyarakat Bengkulu agamis, berbudaya dan demokratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: