Kajian Kemenpan RB, Idealnya Jumlah PNS 1,5 Persen dari Jumlah Penduduk

Kajian Kemenpan RB, Idealnya Jumlah PNS 1,5 Persen dari Jumlah Penduduk

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana mengurangi jumlah PNS. Hal ini dilakukan mengingat jumlah PNS yang sudah tidak ideal.

Menpan RB Yuddy Chrisnandi menyebutkan, berdasarkan kajian dari Kementerian PAN RB, idealnya jumlah PNS yakni 1,5 persen dari total jumlah penduduk.

\"Saat ini jumlah PNS ada sekitar 4.5 juta orang, itu kira kira idealnya 3.5 juta orang. Berarti idealnya berkurang 1 juta orang PNS dalam waktu 3 tahun kedepan,\" ujar Yuddy, Kamis (21/04/2016).

Efisiensi dilakukan mengingat anggaran yang dihabiskan untuk PNS terus membengkak. Saat ini beban belanja pegawai sudah mendekati 40 persen.

\"Lalu bagaimana biaya pembangunan untuk rakyat. Bagaimana kalau rakyat sakit memerlukan sarana kesehatan yang lebih memadai. Bagaimana kalau ada gempa bumi, memerlukan biaya yang besar,\" sebutnya.

Oleh karena itu, Yuddy berpendapat rasionalisasi jumlah PNS sangat tepat dilakukan. Namun, pensiun dini PNS masih memerlukan pembahasan kabinet dan izin dari Presiden. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: