Populasi Harimau Tinggal Lima Ekor

Populasi Harimau Tinggal Lima Ekor

\"harimau

MUKOMUKO, BE – Keberadaan Harimau Sumatera di wilayah hutan di Kabupaten Mukomuko dipastikan masih ada. Hanya saja, untuk jumlah populasinya yang belum dapat dipastikan. Tetapi, diperkirakan hanya tinggal sekitar dua hingga lima ekor saja tersebar di wilayah hutan kawasan di daerah tersebut. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Mukomuko, Jasmin Sinaga didampingi Kasi P3H, Dodi Leo Saputra.

Ini diketahui, katanya, setelah pihaknya menerima laporan dari mitra kerja PT Sipef yang telah melakukan pemasangan kamera pengintai. Kamera itu berfungsi untuk melihaat apa saja yang melintas di lokasi hutan kawasan, khususnya yang berada di wilayah hutan produksi Majunto

“Kalau informasinya, Harimau Sumatera masih terlihat beberapa ekor. Ini diketahui dari kamera pengintai, ketika Harimau tersebut melintas,” katanya.

Pihak PT Sipef, kata Dodi, juga pernah mengamankan jerat Harimau di dalam hutan kawasan tersebut yang diduga sengaja dipasang oleh oknum manusia. Tetapi, pihaknya tidak mengetahui dengan pasti tujuan dari jerat tersebut. Apakah sengaja dipasang untuk menjerat satwa yang dilindungi atau lainnya.

“Kalau jerat pernah ditemukan dan telah diamankan oleh pihak Sipef,” katanya. Meskipun keberadaan Harimau masih ada, pihaknya tidak ada kewenangan dalam mengambil langkah – langkah terkait keberadaan satwa dilindungi tersebut. Jika pihaknya menemukan pemburu satwa di dalam hutan kawasan, akan langsung berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait.

“Hingga saat ini (kemarin,red), kami belum menemukan maupun melihat secara langsung Harimau Sumatera danpara pemburu satwa yang dilindungi tersebut. Jikalau ada, kami akan berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait,” ungkapnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: