Langkah Parpol Amankan Suara pada Pilkada Serentak 2015

Langkah Parpol Amankan Suara pada Pilkada Serentak 2015

\"Pilkada-bengkulu_300x550-01\"BENGKULU, bengkuluekspress.com - Demi mengamankan suara pada Pilkada Serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu serta Bupati dan Wakil Bupati se-Provinsi Bengkulu semua Partai Politik (Parpol) sudah mulai bergerak dengan berbagai strategi. Salah satu strategi yang lazim digunakan oleh sejumlah Parpol di Provinsi Bengkulu yakni merekrut saksi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Strategi ini diimplementasikan Parpol guna memantau jalannya tahapan pemungutan suara agar tidak terjadi kecurangan pada pesta rakyat tersebut. Saksi-saksi ini juga dianggap menjadi ujung tombak dari kemenangan calon yang didukung Parpol.

Partai Amanat Nasional (PAN), Salah satu Parpol pendukung yang telah memvalidasi saksi-saksi. Saat ini PAN tengah bersiap melakukan pelatihan terhadap saksi-saksi.

\"Dari sepuluh kabupaten/kota Kita mempersiapkan satu TPS satu saksi. Dalam waktu dekat saksi-saksi ini akan kita berikan pelatihan-pelatihan. Yang jelas kita sudah maksimal mempersiapkan saksi-saksi,\" kata Abdul Goni, Wakil Ketua DPW PAN, Sabtu (21/11/2015).

Untuk pelatihan, dijelaskan Goni, pengurus PAN akan melibatkan seluruh kader partainya. Proses pelatihan pun cukup sederhana karena pada hakekatnya semua sudah tahu karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah sering mensosialisasikannya.

\"Secara keseluruhan KPU sudah melaksanakan Bimtek dimana-mana baik itu dengan ketua-ketua partai dan tim kampanye,\" terangnya.

Tak hanya Partai PAN, strategi seperti ini juga dilakukan oleh partai - partai lain, termasuk partai penguasa PDIP. Bahkan, partai berlambang kepala banteng ini menyiapkan lebih dari satu saksi di masing-masing TPS.

\"Setiap TPS nantinya akan ada 2 saksi dari PDIP,” kata Elva Hartati, Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.

Tak tanggung-tanggung untuk pelatihan saksi, PDIP mendatangkan 12 narasumber dari Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP untuk melatih BSPN daerah dan cabang se-Provinsi Bengkulu.

Dalam pelatihan tersebut, kata Elva, para peserta diberikan pengetahuan mengenai mekanisme terbaik dalam merekrut saksi-saksi.

\"strategi untuk mencapai kemenangan itu akan diberitahu oleh narasumber dari BSPN pusat,\" terang Elva saat menggelar Training of Trainer (TOT) kala itu.

Tak hanya itu, untuk memotivasi kadernya dalam memenangkan Pilkada Serentak 2015, PDIP juga mengucurkan dana untuk setiap DPC dan PAC.

\"Kita bantu dana untuk masing-masing DPC sebesar Rp 5 Juta dan PAC sebesar Rp 1 juta,\" sampai Elva.

Tak hanya 2 Parpol yang disebutkan diatas. Dari hasil wawancara ke berbagai pengurus Parpol di Provinsi Bengkulu, setiap Parpol pendukung juga melakukan perekrutan saksi. Hal itu dilakukan guna mengamankan suara partai untuk memenangkan Pilkada Serentak 2015. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: