Pelabuhan Linau Segera Dibangun

Pelabuhan Linau Segera Dibangun

MAJE,BE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Linau Bintuhan, mengisyaratkan rencana pembangunan pelabuhan di Desa Linau Kecamatan Maje Kabupaten Kaur senilai Rp 72 miliar. Bakal direalisasikan oleh UUP Bintuhan bulan September 2015 ini.

“Untuk saat ini kita masih menunggu proses tender dan Amdal pelabuhan ini, dan jika ini sudah selesai semua akan segera kita mulai dibangun. Insallah bulan September ini sudah bisa dikerjakan,” kata Kepala Kantor UUP Kelas III Linau Bintuhan Jondra Juis, SE, MSi saat mengelar sosialisasi rencana pembaguna pelabuhan Linau kemarin.

Dikatakannya, pembangunan pelabuhan Linau melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut yang memakan dana mencapai Rp 72 miliar tersebut. Untuk pembangunan tahap awal ini direncanakan pembangunan talut akan diselesaikan pada 2015 ini dengan panjang 388 meter. Sedangkan untuk pembangunan fasilitas dermaga akan dibangun dengan berlanjut.

\"Pembangunan fasilitas pelabuhan itu akan dibangun dengan berkelanjutan, sedangkan untuk pembangunan talut itu akan diselesaikan dan dituntaskan tahun 2015 ini. Untuk gambar fasilitas dan talut itu sesuai dengan yang diajukan pihak Pemda Kaur. Pelabuhan ini diperuntukan untuk bongkar muat CPO dan batu bara,” terangnya. Dikatakannya, pihaknya berharap dengan adanya pembanguna pelabuhan khusus batu bara dan CPO ini. Nanti bisa mengundang investor baik yang bergerak di bidang tambang batu bara maupun CPO untuk menggunakan pelabuhan tersebut. Sehingga bisa meningkatkan PAD Kabupaten Kaur.

“Saya yakin sejumlah perusahaan batu bara dan CPO akan tertarik untuk menggunakan pelabuhan Linau ini. Untuk itu saya berharap kepada semua pihak, agar sama-sama mengawal dalam pembangunan pelabuhan Linau ini,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Kaur Nandar Munadi, S Sos, Msi yang ikut hadir dalam acara sosialisasi pembangunan pelabuhan Linau kemarin. Mengatakan, dengan dibangunnya pembangunan pelabuhan Linau ini mudah-mudahan kedepannya bongkar muat barang bisa berjalan dengan lancar. Sebab pihaknya berharap tahun ini adalah tahun pembuka, dan tahun berikutnya dilanjutkan lagi untuk pembangunan fasilitas pelabuhan.

“Pembangunan ini sepenuhnya kita dukung. Jika nanti ada masalah tolong diberitahukan agar bisa diselesaikan dengan baik. Sebab pembangunan pelabuha ini bukan dikit, jangan sampai nanti ini bermasalah dikemudian hari,” jelas Sekda.

Dalam sosialisasi yang digelar sekitar pukul 08.30 WIB di kantor UPP Kelas III Linau Kecamatan Maje, dihadiri kepala SKPD, FKPD, toko masyarakat, LSM dan masyarakat Desa Linau Kabupaten Kaur.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: