Pengisian Ijazah Beda

Pengisian Ijazah Beda

BENGKULU,BE-Blanko ijazah jenjang SMA telah dibagikan dan diterima di sekolah. Petugas sekolah pun diminta hati-hati dalam pengisian dan penulisan blanko ijazah tersebut. Karena pengisian ijazah tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

Koordintor Sekretariat Ujian Nasional Dinas Pendidikan  Provinsi Bengkulu, Drs Budianta menuturkan, blanko ijazah sebagian jenjang SMA telah dibagikan di kabupaten/kota. Blanko yang dicetak dipersiapkan sebanyak siswa yang lulus ditambah 10 persen. Tambahan diberikan untuk mengantisipasi adanya kesalahan dan kerusakan dalam pengisian.

\"Blanko  yang sudah sampai telah di inventarisir, kemudian didistribusikan ke dinas Dikbud kabupaten/kota,pendistribusian sekaligus juga dilakukan dengan petunjuk teknisnya,\" katanya.

Dalam pengisian blanko ijazah itu, sekolah diharapkan bisa memperhatikan dengan benar, karena ada perbedaan  secara prinsip dalam penulisan ijazah tahun ini. Perbedaan itu  tidak dipergunakannya nilai Unas dalam penetapan kelulusan di sekolah/madrasah. Pada lembar  daftar nilai yang biasanya ada rata-rata rapot nilai ujian sekolah dan milai akhir saat ini hanya mencakup komponen nilai sekolah yang ditetapkan di sekolah seperti nilai rata-rata raport di kolom pertama per mata pelajaran, dan nilai ujian sekolah/madrasah.

\"Perbedaan itu dengan tahun lalu yakni  blanko tahun ini  tidak menyertakan  kolom nilai akhir. Kemudian penulisan rentang nilai yang tercantum dalam raport nilai ujian sekolah dan nilai sekolah kalau dulu dibuat satuan atau ada dua digit dibelakang koma. Tahun ini semua rentang nilai ratusan dari 0-100 dan satu digit di belakang koma,\" terangnya.

Tehnis penulisan pada blanko ijazah  hampir sama dengan tahun sebelumnya, menggunakan tinta berwarna hitam, dengan tulisan dengan baik dan jelas serta tidak ada coretan atau type x.

Budianta meminta kepada sekolah untuk melihat petunjuk teknis  penulisan blanko, karena jumlah blanko yang terbatas, tandasnya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: