Agar Tak Cepat Haus dan Lemas Pada Saat Berpuasa

Agar Tak Cepat Haus dan Lemas Pada Saat Berpuasa

Bengkulu, bengkuluekspress.com - Pada bulan suci ramadhan diperlukan asumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan mineral agar tidak cepat haus dan lemas pada saat menjalani puasa. Salah memilih menu makanan saat sahur bisa menyebabkan Anda cepat haus, mengantuk, dan lemas saat menjalankan ibadah puasa di siang hari. Dikutip dari CNN Indonesia terdapat makanan yang dianjurkan dan sebaiknya dihindari saat sahur.

“Orang berpuasa itu yang paling penting tidak merasa lemas dan lapar di siang hari,” ujar dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital.

Dokter Samuel menyarankan untuk memilih menu sehat untuk sahur. Menu sahur sehat yang dimaksud adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah.

Salah satu makanan yang tinggi karbohidrat yakni nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Untuk memenuhi kebutuhan protein, anda dapat mengkonsumsi ikan, daging ayam, dan putih telur dengan catatan tanpa di goreng. Karena makanan yang digoreng dan banyak mengandung bumbu penyedap bisa menyebabkan Anda kehausan saat berpuasa. Jangan lupa mengkonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi.

Selain itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih tiga hingga empat gelas saat sahur. Dokter Samuel menekankan untuk tidak mengkonsumsi minuman manis terlalu banyak, karena bisa menyebabkan ‘kecelakaan energi’, yaitu gula darah naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula, yang menyebabkan orang mengantuk dan lemas di siang hari.

Selain itu, sebaiknya juga hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat. Perlu diketahui, kafein bersifat diuretik pada tubuh, yang bisa meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: