Danrem Tutup Pelatihan Teknis Swasembada Pangan

Danrem Tutup Pelatihan  Teknis Swasembada Pangan

\"DENDIBENGKULU, BE - Komandan Korem (Danrem) 041 Garuda Emas Bengkulu, Kolenel Inf Fajar Budiman SIP resmi menutup Pelatihan Teknis Swasembada Pangan bagi Babinsa jajaran Korem 041/Gamas yang berlangsung di Aula Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) Provinsi Bengkulu, kemarin (17/6).

Kegiatan pelatihan ini merupakan implementasi dari kesepakatan kerja sama antara Kementerian Pertanian RI dengan TNI AD dalam rangka membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan nasional dalam bentuk program TNI AD Mendukung Ketahanan Pangan (TMKP) yang telah ditindaklanjuti dengan kesepakatan kerjasama antara Korem 041/Gamas dengan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Dalam amanatnya, Danrem mengatakan peran Babinsa yang dilatih sebagai kader pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan merupakan garda terdepan dalam membangun manusia khususnya petani. Selain itu para Babinsa juga berperan sebagai media informasi dari tingkat pusat untuk disampaikan kepada petani di wilayah tugasnya masing masing. Menurutnya, pelatihan kader pertanian, khususnya padi, jagung, dan kedelai di Provinsi Bengkulu memiliki peran strategis dalam pelaksanaan pembangunan di bidang pertanian. “Saya berharap agar Babinsa peserta pelatihan swasembada pertanian ini memiliki pemikiran yang faktual, kreatif, cerdas, inovatif, mau bekerja keras dan tuntas dalam menghadapi kondisi petani saat ini,” ungkap Danrem.

Ia juga berharap setelah mengikuti pelatihan tersebut, para Babinsa mampu menjadi penyuluh-penyuluh pertanian yang handal di wilayah tugasnya masing-masing, mempunyai persepsi dan tindakan yang sama serta bersinergis dalam meningkatkan produktivitas tanaman pangan.

Selain itu, semua materi pelatihan yang telah diterima dapat diaplikasikan dalam melaksanakan tugasnya. Diharapkan, keberadaan para Babinsa mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan masyarakat Bengkulu untuk meningkatkan ketersediaan pangan dan peningkatan produksi pangan khususnya padi, jagung dan kedelai. \"Berikan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan komoditi pangan yang berbasis teknologi modern, terutama dalam upaya memperbesar produksi pertanian. Sehingga program swasembada pangan nasional dalam kurun waktu tiga tahun ke depan benar-benar dapat diwujudkan,\" instruksi Danrem.

Dalam kesempatan itu, Danrem pun mengucapkan terima kasih kepada para Babinsa yang telah mengikuti pelatihan itu dengan antusias dan serius, dan juga kepada para penyuluh yang telah memberi materi dengan baik sehingga dapat diterima oleh seluruh Babinsa.

\"Terima kasih kepada para Babinsa dan penyuluh yang memberikan materi pelatihan ini. Berkenaan memasuki bulan puasa, atas nama keluarga besar Korem 041 Gamas Bengkulu mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan mari kita jadikan bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini momentum untuk lebih meningkatkan derajat keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,\" ucapnya.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 106 orang Babinsa di seluruh jajaran Korem 041/Gamas yang terbagi ke dalam 2 gelombang mulai tanggal 5 - 17 Juni 2015. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekretariat Bakorluh Bengkulu Ir Joko Hendro, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Kabid Produksi Pertanian Fahrul Rozi, Kasiter Korem 041/Gamas Letkol Caj M. Adam, beserta tamu undangan lainnya. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: