UKM Capai 481 Unit

UKM Capai 481 Unit

BINTUHAN,BE- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur, melalui  Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kredit Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kaur, mengharapkan sebanyak 481 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kabupaten Kaur terus maju dan berkembang. “Kita akan terus mendorong para pelaku usaha kecil yang telah terdaftar untuk bisa bersaing dengan UKM yang sudah mampu bersaing dipasaran,”kata Kepala Disprendagkop dan UKM, Agusman Efendi SE MM melalui Kabid Koperasi dan UKM, Yuhardi SIP kemarin.

Yuhardi mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir perkembangan UKM di kabupaten Kaur cukup bagus dengan bukti jumlah UKM yang ada terus bertambah dari tahun ke tahun. Untuk pengembangan UKM, pihaknya  berjanji siap melakukan pembinaan-pembinaan dan menyalurkan berbagai bantuan sehingga usaha yang digeluti bisa berkembang dan dapat menjadi lahan perekonomian bagi pelaku usaha tersebut. “481 data sementara, saat ini masih terus kita lakukan pendataan. Setelah kita data ini UKM ini akan kita bina, dan siapa tahu saja nanti ada bantuan dari pusat,” terangnya. Lanjutnya, dalam menggerakkan roda usaha yang ada, Disprendagkop terus melakukan pembinaan terhadap pemilik UKM tersebut. Memantau serta memberi dukungan melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan menyalurkan berbagai bantuan modal usaha nantinya.

“Kita terus mendorong UKM yang ada di Kaur ini agar tumbuh dan berkembang sehingga bisa lebih banyak menyerap tenaga kerja. Dengan harapan ini nanti dapat menekan angka pengangguran dan peningkatan ekonomi masyarakat,”terangnya.

Ditambahkanya, 481 jumlah UKM yang ada saat ini, dominan bergerak pada sektor usaha kecil di perdagangan. Dalam mengembangkan usahanya, mereka (pemilik usaha) seringkali terkendala oleh permodalan yang dimiliki sehingga sulit berkembang. Selain pembinaan, pihaknya juga terus melakukan evaluasi terhadap UKM yang ada sehingga dari evaluasi itu dapat dilihat dan dinilai perkembangan UKM tersebut. “Kita  akan terus berupaya melaksanakan program-program pengembangan usaha dalam bidang produksi pemasaran, peningkatan kualitas SDM teknologi dan pengembangan permodalan,”  jelasnya.

Sebagaimana kita ketahui, 481 UKM itu menyebar di 15 kecamatan Kabupaten Kaur, dengan rincian, Kecamatan Kinal 8 UKM, Muara Sahung51, Padang Guci Hulu 9, Lukang Kule 6, Kaur Utara  14, Kelam Tengah 10, Tanjung Kemuning 12, Semidang Gumay 18, Luas 30, Kaur Tengah 49, Tetap, 38, Kaur Selatan 130 Maje 97 dan Kecamatan Nasal 32 UKM.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: