Manfaatkan Pekarangan

Manfaatkan Pekarangan

\"kosong_60-01\"BINTUHAN,BE- Berada di kawasan subur dengan alam yang sejuk, kaum ibu Desa wilayah Kecamatan Kabupaten Kaur, diminta untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan. Tidak hanya sekedar untuk menanam hiasan bunga. Pekarangan rumah juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman produktif berupa buah dan sayur-sayuran.

“Kita terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, untuk dijadikan kawasan yang produktif,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Kaur, Ir. Herwan kemarin.

Pemanfaatan lahan pekarangan, lanjut mantan Plt Kepada Dinas Kesehatan Kaur ini, akan memberikan pemasukan bagi setiap keluarga yang ada. Uang saku yang dihasilkan dari gaji suami, tidak lagi hanya untuk kebutuhan dapur. Dengan memanfaatkan pekarangan yang ada, kebutuhan dapur akan teratasi dengan sendiri. Setidaknya, dengan menanam cabai di pekarangan rumah, setiap rumah tangga tidak lagi dirisaukan dengan kenaikan harga cabai tinggi.

“Apalagi, lagi saat ini harga cabai mulia naik, tentu ini sangat membantu sekali jika setiap rumah tangga memanfaatkan pekarangannya dengan tanaman produktif,” harapnya.

Ditambahkanya, dalam menyambaut HUT Kaur ke 12 tahun ini. Pihaknya akan mengelar perlombaan pemanfaatan pekarangan. Untuk itu, pihaknya menghimbau masyakat untuk lebih mengalakan lagi pemanfaatan pekarangan masing-masing.

“Nanti dalam lomba ini tim akan keliling ke rumah-rumah warga, untuk menilai yang mana memanfaatkan pekarangan dengan baik. Untuk itu sebelum dilaksanakan lomba ini masyarakat dapat segera manfaatkan pekarangan dengan baik,” himbaunya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: