Bronjong Sungai Air Uram Rusak

Bronjong Sungai Air Uram Rusak

URAM JAYA,BE - Bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Lebong terutama ditiga desa di Lecamatan Uram Jaya saat ini meninggalkan lumpur dan kerusakan pada bronjong atau penahan air sungai. Bronjong di pinggir Sungai Uram yang berada persis dibelakang pemukiman warga rusak akibat dihantam derasnya banjir yang terjadi pada Jum\'at (6/2) lalu. Kerusakan Bronjong ini sendiri terjadi di 4 titik dengan total kerusakan sepanjang 190 meter.

Kepala Desa Lemeu Kecamatan Uram Jaya, Rapani kepada BE kemarin mengatakan,\'\'Ada 4 titik bronjong di pinggir Sungai Uram yang ambruk.

Yakni 1 titik sepanjang 70 meter, titik lainnya persis di belakang pemukiman pendudu yang ambruk sepanjang 50-60 meter dan 2 titik lagi di atas jembatan dan bagian bawah jembatan ke arah Dusun 1 dan 2,  Kedua titik ini amburuk sepanajng 70 meter.

Ditambahkan Rapani, Desa Lemeu sendiri diapit oleh 2 aliran sungai yakni Sungai Uram dan Sungai Ketahun. Jika air dari sungai ketahun tinggi maka otomatis air akan berbalik ke sungai uram dan menyebabkan air masuk dari 4 titik bronjong tersebut ke pemukiman.

\"Harapan kita pemerintah daerah dapat membangun bronjong yang rusak di 4 titik tersebut sehingga air tidak lagi masuk ke pemukiman saat terjadinya banjir. Kalau tidak ada perbaikan bronjong tersebut bisa di pastikan kalau hujan turun air bakal masuk ke pemukiman lagi,\" jelas Rapani.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: