PNPM PISEW Rp 5 Miliar

PNPM PISEW Rp 5 Miliar

TUBEI,BE - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Fauzi Taher SH MSi mengatakan ditahun 2015 ini Kabupaten Lebong kembali mendapatkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM-PISEW). Anggaran program ini sebesar Rp 5 Miliar. Program ini nantinya akan difokuskan di Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) yaitu Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Pinang Belapis dan Kecamatan Lebong Sakti.

\"Tahun ini program PNPM PISEW kita fokuskan untuk sektor pertanian dan perikanan,\'\' kata Fauzi pada BE kemarin.

Kegiatan NPM-PISEW ini dilaksanakandi 3 di Kecamatan yakni, Kecamatan Uram Jaya, Pinang Belapis dan Lebong Sakti. Selain masuk dalam KSK (Kawasan Strategis Kabupaten, red), sesuai dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Tata Wilayah, red) tiga Kecamatan tersebut juga masuk dalam wilayah pertanian. Nantinya program ini akan dikelola langsung oleh Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang berada di 3 Kecamatan tersebut. Bisa pembangunan JUT (Jalan Usaha Tani, red), pembuatan kolam, pembibitan atau lain sebagainya.

Ditambahkan Fauzi, mulai hari ini Bappeda mulai melakukan pertemuan dengan pihak terkait seperti DPRD, Konsultan baik dari pusat, provinsi dan Kabupaten hingga pengelola Kecamatan untuk membahas Kesepakatan Program ini.

\"Kita harapkan program ini dapat dioptimalkan oleh LKD dengan tetap memberdayakan masyarakat sekitar. Sehingga dampak yang diberikan dalam program ini dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat,\" Pungkas Fauzi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: