Kementan Bantu Petani

Kementan Bantu Petani

TUBEI,BE - Ditahun 2015, petani di Kabupaten Lebong mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk pengembangan tanaman padi dan Kacang Kedelai. Masing-masing bantuan ini diberikan berupa bibit dan saran produksi pertanian (Saprodi) untuk 1.000 hektar Padi dan 1000 hektar Kacang Kedelai. Bantuan ini akan di realisasikan pada musim tanam kedua ditahun 2015. Hal inidiungkapkan kepala Dinas Pertanian dan Ketahaan Pangan Lebong Sumiati SP kepada BE kemarin.

\"Bantuan yang diberikan Kementerian ini akan dikucurkan pada saat memasuki musim tanam kedua, sekitar Bulan Juni-Juli 2015 mendatang. Bantuan ini dialokasikan untuk 3 kecamatan yakni Lebong Sakti, Lebong Tengah dan Amen,\" kata Sumiati. Ditambahkan Sumiati, seluruh bantuan ini diberikan kepada kelompok tani, yang ada di wilayah 3 kecamatan tersebut. Rencananya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terlebih dahulu melakukan seleksi teharap kelompok tani calon penerima. \"Ada beberapa tahap yang kita lakukan untuk menentukan kelompok peneriam, pertama adanya usulan dari kelompok ke Dinas Pertanian, selanjutnya dilakukan pengedekan lokasi lahan.

Setelah verifikasi ini baru bantuan akan diturunkan berupa bibit dan kebutuhan pupuk dan saprodi lainya,\" jelas Sumiati. Bantuan dari Kementerian ini bertujuan untuk mengingkatkan produksi tanaman pangan di kabupaten Lebong. \"Selama ini petani kita baru melakukan penanaman 1 kali dalam setahun. Nah dengan adanya bantuan ini di harapkan petani bisa melakukan tanam dan panen 2 kali dalam setahun dan tentunya akan berdampak pada pendapatan petani itu sendiri,\" pungkas Sumiati.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: