Pariwisata Belum Tersentuh

Pariwisata Belum Tersentuh

MUKOMUKO, BE– Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Mukomuko Drs Haryadie Nazar mengatakan potensi pariwisata di Kabupaten Mukomuko banyak dan menjanjikan. Hanya saja potensi yang ada  itu belum tersentuh dan digali maksimal akibat keterbatasan anggaran yang dimiliki.\"Memang belum maksimal selama ini pengelolaannya. Hal ini yang perlu dibenahi kedepannya,\" terang Haryadie.

Lokasi wisata yang memiliki petensi diantaranya taman teratai, padang penaik, air terjun bunga tanjung, abrasi pantai yang dulunya pernah dipromosikan oleh artis ibuktoa dalam pembuatan film dan lainnya. Potensi itu jika dikelola maksimal bisa memberikan kontribusi yang cukup besar untuk pendapatan asli daerah (PAD). \"Bagaimana kita bisa menarik kontribusi jika tidak ada fasilitas yang dibangun dari anggaran yang ada,\" jelasnya.

Ironisnya potensi yang ada malah dikelola oleh warga setempat secara pribadi. Setiap ada acara pengunjung pasti mengunjungi tempat-tempat wisata yang menyuguhkan hiburan. Ironisnya, hal ini tidak bisa dilakukan penarikan pajak oleh pemerintah daerah. Kendati demikian pemerintah daerah tetap memprioritaskan dalam pengembangan di bidang pariwisata yang harus didukung anggaran. \"Jika anggarannya ada dipastikan wisata-wisata yang  ada dapat ditata dengan baik dan optimal yang imbasnya akan memberikan PAD cukup menjanjikan,\" demikian Haryadie. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: