Prioritaskan Agama
Meningkatkan pengetahuan dan kedisiplinan peserta didik di sekolah, tidak hanya dari faktor pendidikan karakter saja, tetapi kerohanian dan ketaqwaan juga mendukungnya. Seperti yang diterapkan di SMPN 4 Talang Empat, basis keagamaan jadi prioritas utama dilingkungan guru dan murid di sekolah ini. Diungkapkan kepala SMPN 4 Talang Empat, Drs Muhammad Umar M.Pd, sesuai hasil musyawarah dan rapat intern sekolah bersama dewan guru, hari Jum\'at ditetapkan untuk kegiataan keagamaan seperti siraman rohani secara rutin. “Tiap pagi Jumat diawali dengan membaca yasin bersama, mendengar ceramah agama,” terangnya. Menurutnya, Sejak berdiri, SMPN 4 Talang Empat juga memasukkan seni membaca alquran dalam kurikulum pada mata pelajaran muatan lokal. Hal itu menyesuaikan kebijakan dan imbauan Gubernur Bengkulu dan sudah berjalan dengan baik di SMP itu. “Adanya teknik membaca Alqur\'an, kita selalu langganan mendapatkan juara dilomba membaca Alqur\'an bahkan sudah sampai tingkat nasional,” imbuhnya. Dengan pengembangan dan penerapan kurikulum keagamaan di sekolah, dapat memberikan pengaruh yang positif untuk peserta didik di SMP ini. Bahkan murid yang tamat mendapatkan multi ilmu, pendidikan umum dan keagamaan. “Keduanya penting dan diseimbangkan sesuai kemampuan siswa. Jadi siswa yang keluar dari sini sudah siap dan bisa bersaing ketat,” katanya. Ia menambahkan, kedisiplinan dan karakter peserta didik tinggal dibumbuhi setelah adanya penerapan pendidikan keagamaan disebuah sekolah. Terbukti di SMP ini siswanya lebih tertib dan menemukan jati diri untuk maju. “Mudah-mudahan tidak ada masalah dengan kedisiplinan yang diterapkan di sekolah ini,\'\' tutupnya. (111)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: