Cutra Juara Festival Seni Budaya Islam

Cutra Juara Festival  Seni Budaya Islam

\"\"CURUP - Rangkaian lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 dan festifal seni budaya bernuansakan Islam ke-6 dalam rangka merayakan tahun baru Islam 1 Muharam 1434 H, resmi ditutup oleh Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM, Rabu malam (21/11).  Selama penyelenggaraan lomba, Curup Utara menjadi juara umum karena berhasil  menjuarai hampir semua kategori MTQ. Sedangkan untuk festival seni budaya bernuansa Islam, diraih Kecamatan Curup Tengah sebagai juara umum.

Untuk pretasi tersebut, kedua kecamatan berhak mendapatkan piala bergilir dari Pemerintah Kabupaten RL, dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1,5 juta plus piagam. Bupati RL didampingi Ketua TP PKK Hj Susilawati SE MM,  Ketua DPRD RL Drs Darussamin serta unsur forum koordinasi pimpinan daerah secara bergilir memberikan penghargaan kepada para pemenang. Selain itu, pantauan wartawan, pemenang lomba seperti kendaraan hias kategori dinas/instansi juga diumumkan.  Pemenang pertama untuk kendaraan hias diraih Dinas Pendapatan Daerah, untuk pawai kendaraan hias kategori kecamatan dijuarai Kecamata Curup Timur dan kategori sekolah dimenangkan oleh SDIT Curup.

Perlombaan lainya yang melibatkan pelajar, untuk pemilihan da\'i remaja tingkat putra dimenangkan oleh Haydar Hanif dan putri dimenangkan oleh Regaris. Untuk lomba nasid tingkat sekolah dimenangkan oleh SMA I Curup Kota dan putri SMAN I Curup Kota. Tingkat SMP dimenangkan oleh SMPN 1 Curup Kota dan putri SMPN I Curup kota juga.

Sementara itu, untuk tingkat SD dimenangkan oleh SDIT Rabbi Curup Kota dan putri SD Center Curup kota.  Begitu juga dengan sejumlah perlombaan lainya seperti rebana, hapalan yasin, dan lain sebagainya langsung dimumkan dalam malam penutupan perayaan 1 Muharam dipimpin Bupati Rejang Lebong.

Dalam sambutanya, Bupati Rejang Lebong H Suherman mengucapkan terima  kasih pada semua pihak yang telah mensukseskan gebyar Muharam. Dalam perlombaan, bupati mengingatkan menang ataupun kalah merupakan hal biasa yang terpenting adalah bagaimana memaknai hasil yang kita peroleh dalam kerja keras kita untuk menjadi yang terbaik.

\"Saya ucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan semua pihak untuk mewuudkan penilaian yang telah dilaksanakan sehingga hasil perlombaan yang dilombakan benar-benar mencerminkan kualitas yang dimiliki oleh para peserta,\" ungkapnya. Di bagian lain, Camat Curup Tengah Edi Robinson sebagai salah satu kecamatan peraih tropi juara umum mengaku, sangat bersyukur atas keberhasilan kecamatan yang dipimpinya dalam lomba seni budaya Islam yang telah meraih berbagai lomba sehingga membawa nama Kecamatan Curup Tengah tampil sebagai  juara umum.  \"Penghargaan ini tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan oleh camat sebelum saya, dukungan pihak sekolah, kepala desa dan lurah, serta segenap masyarakat yang harus dipertahankan,\" tegasnya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: