Mobil Murah Dinilai Bikin Masalah

Mobil Murah Dinilai Bikin Masalah

JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Nusyirwan Soejono menilai penjualan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tidak ada gunanya.

Menurut dia, keputusan penjualan LCGC yang disesuaikan dengan kuota di setiap wilayah di Indonesia tidak akan mampu mengurai kemacetan.

Nusyirwan kemudian mencontohkan, LCGC yang diproduksi dan dipasarkan di Pacitan misalna, tetap tidak menutup kemungkinan mobil itu dikendarai ke kota lain.

\"Apa kemudian kendaraan tidak boleh ke Surabaya?. Tidak ada ketentuan klausul membatasi pengemudi antarpulau antardaerah,\" ujarnya usai menghadiri acara \'Media Discussion Menelisik Pemenuhan Standar Pelayanan Jalan Tol\' di Crown Plaza Hotel, Jakarta, Kamis (19/9).

Penjualan yang ditentukan oleh kuota tiap-tiap daerah, tidak akan sama dengan membatasi penggunaannya. Sebab, hal itu juga akan membuat kota-kota lain merasakan kemacetan yang lebih parah, akibat mobil murah. \"Pemecahan pola penjualan dengan wilayah tidak ada gunanya, tetap akan mengalir ke kota besar,\" terangnya.

Oleh karena itu, dia mengungkapkan, penjualan kendaraan LCGC yang sesuai dengan kuota tiap-tiap daerah sama sekali tidak ada gunanya. Lebih baik kata dia, pemerintah fokus pada pembenahan transportasi umum.

\"Jual di Bogor, jalannya ke Jakarta. Meski jualnya dijatahin, kan gunainnya bisa di mana saja. Pemerintah seharusnya lebih fokus pada pembangunan transportasi umum. Sebab, transportasi umum lebih efektif mengurangi kemacetan,\" pinta Politisi PDI Perjuangan ini. (chi/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: