Harga Daging Sapi Tembus Rp 120 Ribu

Harga Daging Sapi Tembus Rp 120 Ribu

JAKARTA - Harga daging sapi di pasar tradisional melonjak tajam. Kalau Lebaran tahun lalu hanya Rp 90 ribu per kilo, kini naik menjadi Rp 120 ribu. Kenaikan ini tidak sejalan dengan upaya pemerintah yang mengimpor ratusan ton daging sapi untuk menstabilkan harga di pasaran.

\"Ini harga daging sapinya naik jadi Rp 120 ribu. Kata pedagangnya dua sampai sehari jelang Lebaran bakal naik lagi,\" ungkap Enin, perempuan parobaya yang tengah berbelanja di Pasar Pondok Labu, Senin (5/8).

Ia mengaku lebih enjoy membeli daging sapi di pasar tradisional karena lebih segar. Selain itu ia bisa menawar harga ke pedagang.

\"Tapi ini susah nawarnya, karena pedagangnya tahu orang-orang butuh daging buat Lebaran,\" ujar perempuan berjilbab ini.

Berbeda dengan pasar tradisional, daging sapi di supermarket malah didiskon besar-besaran. Daging rendang yang tadinya sekitar Rp 120 ribu per kilonya turun menjadi Rp 63 ribu. Bagi ibu rumah tangga yang tidak mau repot dan berdesak-desakan di pasar tradisional, memilih belanja daging sapinya di supermarket.

\"Lebih nyaman di supermarket, harganya murah, nyaman lagi tempatnya,\" kata Rilawati, ibu dua anak ini yang borong daging dan ayam broiler untuk kebutuhan Lebaran.

Ia menambahkan sengaja membeli daging dan ayam lebih banyak karena untuk dibagikan ke orang tua serta mertuanya. \"Namanya sudah berkeluarga mbak, jadi harus beli double-double untuk keluarga besar,\" ujarnya sambil tersenyum simpul. (esy/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: