1004 Kursi SBMPTN Diperebutkan

1004 Kursi SBMPTN Diperebutkan

MUARABANGKAHULU, BE- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jalur tertulis mulai dibuka kemarin. Dimulai pukul 08.00 WIB dari tanggal 13 Mei hingga 7 Juni 2013 mendatang. Para peserta merebutkan sebanyak 1.004 kursi pada berbagai program studi di 62 Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia.

Panitia SBMPTN sekaligus Humas UNIB, Suharyanto, S.Pt, M.Si, saat dikonfirmasi tak membantah hal ini. Ia pun mengingatkan peserta pendaftar untuk selektif dan waspada terhadap timbulnya web SBMPTN palsu. Pendaftar diingatkan tidak terkecoh dengan web-web  SBMPTN palsu itu.

\'\'Mereka harus mendaftar melalui web resmi pendaftaran SBMPTN melalui onlinehttps://ujian.sbmptn.or.id,\'\' terangnya. Kuota  penerimaan siswa baru di UNIB  sebanyak 3.156 kursi. Untuk kuota SBMPTN UNIB Menerima 1.004 kursi yang tersebar di 34 prgram studi S1 reguler,  dan sisa kuota  untuk 1.583 kursi SMPTN, dan 569 kursi untuk SBMU. Kursi tersebut akan diperebutkan ribuan peserta se-indonesia di 62 PTN, dan UIN atau IAIN.

\"Khusus di Bengkulu SBMPTN hanya di gelar di UNIB. Karena IAIN  Bengkulu belum masuk dalam  majelis Rektor  PTN,\" kata Suharyanto.

Seperti diketahui, SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 175 ribu untuk uji kelompok Sainstek, dan Soshum. Sedangkan untuk uji kelompok campuran Rp 200 ribu. Besaran  biaya ini mengalami kenaikan Rp 25 ribu dari tahun  sebelumnya. Namun, penambahan biaya ini disertai dengan penambahan pilihan jumlah program studi dari 2 pilihan diperbanyak menjadi 3 pilihan program studi.

Setelah calon pendaftar membayar biaya seleksi di Bank Mandiri baik melalui ATM, SMS banking, internet banking, ke bank langsung dan bila tidak terdapat Bank Mandiri, pembayaran dapat dilakukan di Kantor Pos setempat.  Bagi calon pendaftar yang mendapat rekomendasi BIDIKMISI, tidak perlu membayar biaya seleksi, cukup mendaftar langsung dengan menggunakan KAP dan PIN dari Dikti. Ketika memperoleh rekomendasi BIDIKMISI.

Ketentuan dan tata cara pembayaran dan pendaftaran SBMPTN dapat dilihat di laman https://www.sbmptn.or.id. Peserta  juga diharapkan dapat melihat  ketentuan khusus  SBMPTN di perguruan tinggi yang dipilih, untuk  syarat khusus di  UNIB dapat diakses di https:// admisi.unib.ac.id.

Masih dikatakan Suharyanto, SBMPTN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN yang seleksinya didasarkan pada ujian tertulis dan keterampilan pada program studi tertentu.

Calon peserta yang berhak mengikuti SBMPTN adalah lulusan SMA/SMK/MA/MAK sederajat tahun 2011, 2012, dan 2013.Jadwal ujian tertulis SBMPTN adalah tanggal 18 – 19 Juni 2013 sedangkan ujian keterampilan, khusus program studi tertentu seperti keolahragaan dan ilmu seni, dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Juni 2013.

\"Khusus  ujian keterampilan UNIB hanya menggelar   bidang Olaharaga, dan biaya   prodi  juruan yang menggunakan praktek keterampilan akan dikenakan  tambahan biaya sebesar Rp 150 ribu, \" tukasnya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: