Tim Kurikulum Baru

Tim Kurikulum Baru

BENGKULU, BE - Menjelang penerapan kurikulum baru 2013, pada awal tahun ajaran baru ini Dispendik Provinsi Bengkulu membentuk tim pengembang kurikulum. Tim ini berasal dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu. \"Saat ini kita sedang lakukan rapat koordinasi dengan seluruh kabupaten/kota, sekaligus membentuk Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah dan K3SD Provinsi Bengkulu. Tim ini nantinya menjadi mitra kita dimasing-masing kabupaten/Kota,\" terang Kepala UPTD Kurikulum Dispendik Provinsi Bengkulu, Drs Budiyanta.

Rakor yang dipusatkan di Hotel Ananda ini akan menjabarkan konsep dan teknis pelaksanaan pengembangan kurikulum. Dalam hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) memastikan membagikan buku pegangan guru dan dokumen kurikulum. Buku ini disediakan melalui DIPA Kemendikbud RI yang dituangkan dalam surat No 021/MPK/KR/2013 yang dikirimkan keseluruh Indonesia.

\"Buku Kurikulum 2013 untuk guru dan murid dikirim langsung ke sekolah pada Juli mendatang,\'\' katanya. Pada jenjang SD kurikulum baru untuk kelas 1 dan kelas 4, mencakup 30% dari 1487 sekolah se-Indonesia. Anggaran untuk penggandaan dan pendistribusian buku peserta didik, buku pegangan guru dan dokumen kurikulum disediakan melalui dana DIPA kemendikbud 2013. Sedangkan pada jenjang SMP kelas 7 dan SMA serta SMK kelas 10 mencakup semua sekolah. Anggaran penggandaan dan pendistribusiannya disediakan melalui dua sumber yaitu DIPA kemendikbud dan Dana alokasi khusus bidang pendidikan 2013.

Setelah itu, pemerintah mengadakan pelatihan massal tentang Kurikulum 2013 pada akhir Juni hingga awal Juli atau saat liburan sekolah. Pelatihan ini tidak mengganggu jam pembelajaran di sekolah. Pelatihan nanti diawali dengan pelatihan master teacher dari sekolah bonafide dan sekolah yang gurunya sudah pernah dilatih.

Menurut dia, master teachers itulah yang akan melatih guru inti dan guru inti melatih guru kelas. NamunĀ  guru inti tetap mendapat pendampingan dari master teachers itu. Pelatihan menyangkut 4 filosofi yakni pendidikan, kurikulum, materi kurikulum 2013, dan sikap guru dengan murid, orangtua, kepala sekolah, dan pengawas serta sebaliknya.(128)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: