Mayoritas Warga Alami Obesitas

Mayoritas Warga Alami Obesitas

\"FatARGA MAKMUR, BE - Kepala Dinas Kesehatan, H Ikhsan MKes mengatakan warga Bengkulu Utara banyak yang mengalami obesitas atau kegemukan.  Hal ini dilihat dari berat badan yang tak seimbang dengan tinggi badan saat pengecekan kesehatan baik di Puskesmas ataupun di rumah sakit. Kondisi ini diakibatkan karena pola makan yang tak sehat dan jarang melakukan olahraga.

Akibatnya penyakit tersebut mudah menyerang yang berdampak pada penyakit jantung dan diabetes. \"Dari pendataan tim medis setiap pemeriksaan kesehatan banyak masyarakat yang tak sinkron antara berat badan dan tinggi badan,. Faktor yang mempengaruhi karena keturunan dan pola makan yang tak teratur,\" ungkap Ikhsan.

Diharapkan warga secara rutin memeriksakan kondisi kesehatannya dan berolah raga. Selain itu tidak melakukan aktifitas yang berlebihan yang dapat mengurangi konsentrasi terhadap kesehatan. Banyak faktor, sering kali melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, sehingga tak terlalu memperhatikan kesehatan.\"Seharusnya apa yang dilakukan harus sesuai kebutuhan, kesehatan itu mahal harganya,\" paparnya.

Tak hanya itu, selain mengurangi resiko penyakit, Ikhsan menjelaskan konsumsi makanan harus sehat, mengandung serat dan protein dan tidak mengkonsumsi makanan yang berlebihan lemak. Dikhawatirkan kesehatan yang tak teratur menyebabkan tingkat kematian akan tinggi dan perawatan medis di rumah sakit akan meningkat. (117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: