Dukcapil Jemput Bola

Dukcapil Jemput Bola

\"e-ktp\"TUBEI, BE - Guna memenuhi target dalam hal perekaman e-KTP yang telah dilakukan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lebong maka akan dilakukan pendataan perekaman data e-KTP ke desa-desa dengan menggunakan mobil e-KTP. Hal tersebut juga dilakukan atas keterbatasannya peralatan perekaman yang dimiliki pihak Dukcapil Lebong.

\"Dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong hanya lima Kecamatan yang memiliki peralatan untuk perekamana EKtp diantaranya ialah Kecamatan Lebong Atas, Lebong Utara, Lebong Tengah, Lebong Selatan, dan Rimbo Pengadang.

Untuk itu kita lakukan jemput bola dengan cara langsung turun ke Desa-desa dengan mengunakan enam unit kendaraan perekaamn e-KTP, dan mudah-mudahan target perekaman kita bisa tercapai,\" ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong Syamsul Bachri BS SSos MSi kepada wartawan kemarin.

Dikatakan Syamsul, pelaksanaan perekaman e-KTP ini dilaksanakan untuk memenuhi target e-KTP Kabupaten Lebong dimana pada tahun 2012 lalu Lebong hanya mencapai target sebanyak 75 persen dari target wajib KTP Lebong sebanyak 94 ribu warga.

\"Tahun ini kita targetkan untuk perekaman data mencapai 100 persen. Sebab selama ini banyak masyarakat yang belum terjangkau untuk perekaman data e-KTP dikarenakan mayoritas masyarakat Lebong yang beraktivitas di kebun. Makanya kita lakukan jemput bola yang berkoodinasi dengan pihak desa setempat untuk mengumpulkan warganya,\" kata Syamsul.

Dari jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Lebong sebanyak 134 ribu warga, tahun ini Dukcapil menargetkan sebanyak 55 ribu untuk mengikuti perekaman pembuatan e-KTP. Pasalnya target yang ada ditambah dari kekurangan e-KTP sebelumnya pada tahun 2012. \"Untuk pembuatan e-KTP saat ini masih gratis, yang menjadi kendala warga terkadang enggan melakukan perekaman dikarenakan aktivitas kerja yang berkebun, sementara kita tahu e-KTP berguna sebagai kartu identitas serta pendataan jumlah penduduk,\" pungkasnya.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: