Ikuti Cara dan Langkah-langkah Mudah Membuat Spreadsheet di Google Sheets
Ilustrasi - Ikuti Cara dan Langkah-langkah Mudah Membuat Spreadsheet di Google Sheets-IST/BE by Dremina.ai-
3. Edit dan Format
Secara otomatis laman baru akan terbuka dan pengguna dapat mulai mengisi data-data yang dibutuhkan ke dalam kolom dan baris yang tersedia. Jangan lupa untuk masukkan nama dokumen yang diinginkan pada bagian teratas laman yang biasanya masih tertulis “Untitled spreadsheet”.
4. Simpan Dokumen
Semua data yang telah selesai diolah akan disimpan secara otomatis dalam Google Drive. Untuk menyimpan dokumen ke komputer dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
- Untuk menyimpan dokumen ke komputer, pengguna perlu membuka pilihan “File” di Toolbar pada bagian atas.
- Beberapa pilihan akan muncul ke bawah, arahkan ke “Download” yang nantinya akan memunculkan pilihan ekstensi file saat diunduh.
- Pilih satu dari 6 pilihan yang tersedia, dan setelahnya dokumen akan secara otomatis tersimpan ke dalam komputer.
BACA JUGA:Masih Bingung Membuat Keranjang Kuning di TikTok? Yuk, Cek Caranya Disini!
BACA JUGA:Lakukan 2 Cara ini Untuk Mengunci Aplikasi di Phone dengan Mudah
5. Mencetak Dokumen
Dokumen hasil kerja juga dapat dicetak dengan cara sebagai berikut.
- Untuk mencetak dokumen, pengguna bisa langsung memilih ikon printer yang ada di deretan icon bar pada atas kiri layar.
- Laman “Print settings” nantinya akan muncul, dan pengguna bisa mengatur area dokumen mana saja yang akan dicetak dan beragam pengaturan lainnya.
- Bila sudah, selanjutnya klik tombol “Next” yang ada di pojok kanan atas dan dokumen akan dicetak ke printer atau aplikasi yang dituju.
6. Membagikan Dokumen
Berikut adalah cara untuk membagikan dokumen data yang telah diolah di spreadsheet.
BACA JUGA:5 Cara Mudah Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Kehilangan Data
BACA JUGA:Simak Langkah-langkah Membuat Layar Terkunci iPhone dan Cara Menghapusnya
Pengguna dapat membagikan dokumen yang sudah dikerjakan dengan orang lain secara online atau offline dengan cara menekan tombol “Share” yang ada di pojok kanan atas dokumen.
Selanjutnya, sebuah jendela baru akan terbuka dan pengguna dapat membagikan dokumen tersebut lewat email ataupun menggunakan tautan.
Jangan lupa untuk mengatur hak yang bisa dilakukan oleh orang lain terhadap dokumen tersebut untuk keamanan dan perlindungan data.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: