Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Koordinator Komisi II Sawaludin Simbolon SSos MM \"SawaluddinDPRD Kota Bengkulu sedang menggiatkan untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) pemerintah dalam rangka bagaimana pemerintah mengendalikan dan mengarahkan berbagai program dan kegiatan, dalam rangka memuaskan kebutuhan dan harapan dari masyarakatnya. \"Secara umum, SMM ini terdiri dari struktur organisasi, perencanaan, proses, sumber daya, dan dokumentasi yang diperlukan untuk mencapai sasaran mutu,  berikut  mekanisme perbaikan berkelanjutan dari penyelenggaraan pelayanan publik,\" kata Sawaludin, baru-baru ini.

Dalam arahan Grand Design Reformasi Birokrasi untuk Road Map 2014, lanjutnya, secara spesifik ditetapkan bahwa  keberhasilan reformasi birokrasi tercermin dalam kinerja pelayanan publik yang indikator target mikro dan makro road map untuk tahun 2010-2014.

Secara makro diantaranya yakni, keberhasilan evaluasi kinerja pelayanan berdasarkan IKM pada pemerintah kota yang merepresentasikan kinerja propinsi, keberhasilan \"Penerapan Standar Pelayanan” sesuai pengaturan UU-25/2009 tentang Pelayanan Publik, keberhasilan \"Pengembangan best practices peningkatan kualitas pelayanan publik pada K/L/Pemda” dan adanya peningkatan jumlah unit pelayanan yang berbasis Sistem Manajemen Mutu yang diakui secara internasional pada tahun 2014.

Kemudian secara mikro, indikator keberhasilannya di ukur melalui keberhasilan Penerapan SPP pada unit kerja, keberhasilan penerapan SPM pada tahun 2014, keberhasilan untuk merealisasikan \"Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik” pada tahun 2014. \"Itulah sejumlah program kerja yang kita harapkan dapat berlaku kedepan,\" pungkas Sawaludin. (Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: