8 Faktor Penyebab Pori-pori Besar Pada Kulit Wajah

8 Faktor Penyebab Pori-pori Besar Pada Kulit Wajah

Penyebab pori-pori besar -freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang berfungsi sebagai saluran bagi minyak (sebum) dan keringat untuk keluar dari tubuh. 

Setiap orang memiliki pori-pori, tetapi ukurannya bisa bervariasi dari satu individu ke individu lain. Beberapa orang memiliki pori-pori yang lebih besar dan tampak jelas, terutama di area wajah seperti hidung, dahi, dan pipi. 

Meskipun pori-pori besar tidak menimbulkan bahaya medis, mereka sering dianggap sebagai masalah kosmetik karena dapat membuat kulit tampak tidak halus atau bertekstur. 

Memahami penyebab pori-pori besar adalah langkah penting untuk mengelola dan mencegah kondisi ini.

BACA JUGA:Tranexamic Acid untuk Wajah: Ketahui Manfaat dan Cara Pakai yang Aman

BACA JUGA:Inilah Penyebab Telapak Tangan Berkeringat dan Tips Cara Mengatasinya

Penyebab Pori-Pori Besar

1. Genetika

Salah satu faktor terbesar yang menentukan ukuran pori-pori adalah genetika. Jika anggota keluarga memiliki pori-pori besar, ada kemungkinan besar Anda juga akan mewarisinya. 

Genetika memengaruhi bagaimana kulit memproduksi minyak, ketebalan kulit, serta elastisitas kulit, yang semuanya berperan dalam tampilan pori-pori.

2. Produksi Minyak Berlebih (Sebum)

Kelenjar sebaceous di bawah kulit menghasilkan sebum atau minyak alami yang membantu melindungi kulit. Ketika kulit menghasilkan terlalu banyak minyak, pori-pori bisa membesar untuk mengeluarkan sebum. 

Minyak berlebih ini juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat oleh kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga pori-pori terlihat lebih besar.

BACA JUGA:Biar Tahu! Benjolan dan Tumor Payudara Belum Tentu Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: