Manfaatkan Air Larutan Arang sebagai Pupuk Tanaman, Begini Cara Membuatnya

Manfaatkan Air Larutan Arang sebagai Pupuk Tanaman, Begini Cara Membuatnya

Cara Membuat Pupuk dari Larutan Air Arang-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Larutan air arang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman karena arang mengandung banyak unsur yang bermanfaat bagi tanah dan tanaman. 

Arang, khususnya arang kayu, dapat membantu memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kemampuan tanah menahan air, serta memberikan nutrisi penting seperti potasium, fosfor, dan kalsium. Arang juga berfungsi sebagai media yang mendukung perkembangan mikroorganisme baik di dalam tanah.

BACA JUGA:Membuat Pupuk Organik dari Kulit Delima, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman

BACA JUGA:Membuat Pupuk Organik dari Kulit Delima, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman

Manfaat Larutan Air Arang untuk Tanaman:

1. Memperbaiki Struktur Tanah:

Arang dapat membantu meningkatkan aerasi dan drainase tanah, terutama pada tanah yang terlalu padat atau terlalu lembab. Tanah yang lebih baik aerasinya akan membantu akar tanaman tumbuh lebih baik.

2. Menyeimbangkan pH Tanah:

Arang memiliki kemampuan untuk menetralkan pH tanah yang terlalu asam, sehingga tanaman dapat menyerap nutrisi lebih efisien.

3. Meningkatkan Retensi Air:

Arang bisa menyimpan air di dalam pori-porinya, membantu tanah mempertahankan kelembaban lebih lama. Ini sangat berguna terutama di daerah yang mengalami kekeringan.

4. Memperkuat Daya Tahan Tanaman:

Larutan air arang dapat membantu memperkuat tanaman dengan menyediakan unsur kalium dan mineral lainnya yang dibutuhkan tanaman untuk bertahan dari penyakit dan serangan hama.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk dari Kulit Mangga, Ini Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: