Investor Pasar Modal di Indonesia Capai 14 Juta Single Investor Identification

 Investor Pasar Modal di Indonesia Capai 14 Juta Single Investor Identification

investor pasar modal di Indonesia telah mencapai 14.001.651 Single Investor Identification (SID),-foto:istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM  -  PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan pencapaian penting dalam industri pasar modal Indonesia. Terbaru, jumlah investor pasar modal di Indonesia telah mencapai 14.001.651 Single Investor Identification (SID), bertambah 1.833.590 SID dari 12.168.061 SID di akhir tahun lalu. 

Pencapaian ini merupakan hasil dari sinergi erat antara BEI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Self-Regulatory Organizations (SRO), serta pemangku kepentingan lainnya, yang didukung oleh strategi digitalisasi dan edukasi yang efektif.

Direktur Utama BEI, Iman Rachman, menyatakan bahwa pasar modal Indonesia memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Pasar modal yang maju dan stabil akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Namun, kolaborasi yang baik antara pemerintah, sektor bisnis, dan masyarakat tetap diperlukan,” ujar Iman

BACA JUGA:Bursa Saham Asia dan GlobaI Menguat Berimbas IHSG Ikut Naik

BACA JUGA:Upaya Peningkatan Literasi Investasi, PWI Bengkulu Bersama BEI Bengkulu Buka Galeri Investasi

Iman juga menambahkan bahwa peningkatan jumlah investor yang disertai dengan peningkatan literasi keuangan diharapkan mampu memperkuat ketahanan pasar modal Indonesia di tengah dinamika global, termasuk pergerakan dana investor asing.

Digitalisasi dan Kampanye Edukasi

BEI telah mengadakan 19.779 kegiatan edukasi selama Januari hingga September 2024, menjangkau lebih dari 24 juta peserta. Program edukasi seperti Sekolah Pasar Modal (SPM), Duta Pasar Modal (DPM), serta webinar menjadi strategi BEI untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang investasi. Gerakan #AkuInvestorSaham juga menarik perhatian generasi muda, dengan 79% investor baru berusia di bawah 40 tahun.

Direktur Pengembangan BEI,  Jeffrey Hendrik, menyebutkan bahwa meskipun jumlah investor saat ini masih relatif sedikit dibandingkan populasi Indonesia, BEI optimistis dengan semakin berkembangnya teknologi digital dan perusahaan sekuritas yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berinvestasi.

"Platform IDX Mobile dengan 193.968 pengguna kini menjadi salah satu pilar edukasi digital BEI, yang memungkinkan masyarakat mendapatkan informasi pasar modal secara mudah dan akurat," imbuhnya

Peran Galeri Investasi dalam Literasi Keuangan

Galeri Investasi (GI) BEI yang kini berjumlah 927 di seluruh Indonesia menjadi pilar utama dalam mendukung literasi keuangan dan pasar modal.

Melalui berbagai inisiatif, BEI optimistis jumlah investor saham di Indonesia akan terus bertumbuh, seiring dengan meningkatnya literasi keuangan dan inklusivitas pasar modal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: