Batik Bersurek Bengkulu Makin Diminati, Merambah Pasar Internasional

Batik Bersurek Bengkulu Makin Diminati, Merambah Pasar Internasional

Batik basurek, warisan budaya Indonesia-foto: istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Batik Bersurek Bengkulu semakin menunjukkan eksistensinya di industri fashion. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga hingga ke luar negeri. 

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, Batik Bersurek kini mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat. Popularitasnya terus berkembang, terutama berkat inovasi yang dilakukan oleh para pengrajin.

Inovasi tersebut mencakup pembuatan produk yang lebih modern dan beragam, sehingga Batik Bersurek makin diminati oleh kalangan anak muda.

Kini, produk Batik Bersurek tidak hanya hadir dalam bentuk kemeja, tetapi juga jaket dan blus yang mengikuti tren mode masa kini. Desain yang lebih kontemporer ini membuat Batik Bersurek semakin populer di kalangan masyarakat luas.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Alokasikan Rp29 M untuk BPJS Gratis, Sejahterakan 30.935 Warga

BACA JUGA:Alur di Danau Dendam Tak Sudah Dibangun Jogging Track, Bakal Jadi Spot Baru di Kota Bengkulu

Berta Wulandari, salah satu tim produksi Batik Oase Gallery, mengungkapkan bahwa Batik Bersurek terkenal dengan tujuh motif utama, seperti burung kuau, relung paku, kaligrafi, dan bunga ceria. Dengan motif-motif ini, batik basurek mampu meraih menembus pasar luar kota hingga luar negeri. 

"Kami terus berinovasi dengan menggabungkan motif tradisional dan modern, serta mengombinasikan batik dengan tenun dan bahan polos lainnya. Ini membuat desain batik kami semakin menarik, namun tetap mempertahankan unsur tradisionalnya,” kata Berta, Kamis (3/10/2024)

Lanjutnya, di kota-kota besar seperti Jakarta, Lombok, dan Aceh menjadi target utama di Indonesia untuk batik basurek. Sementara untuk pasar internasional, batik ini sudah dipasarkan ke Singapura dan Malaysia. 

Di kedua negara tersebut, Batik Bersurek mendapat sambutan hangat dengan jumlah peminat yang terus meningkat.

BACA JUGA:Target Rp 60 Miliar, RSHD Bengkulu Diminta Genjot Pendapatan

BACA JUGA:Sosialisasi Pengangkatan PPPK: PTT Diminta Hati-hati Isi Persyaratan

"Dengan berbagai inovasi tersebut, Batik Bersurek Bengkulu kini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat lokal, tetapi juga semakin dikenal di kancah internasional, membuktikan bahwa warisan budaya ini memiliki potensi besar untuk terus berkembang," pungkas Berta. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: